Halal Food Maasing Dibuka Malam Ini, BTM Ijtihad dan BAZNAS Sulut Jadi Pelopor

Panitia saat melakukan persiapan (FOTO Ist)

MANADO, Suluttoday.com – Target mewujudkan kawasan makanan halal dan tayibah di Manado akhirnya terwujud. Konsep kolaborasi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Sulut bersama Badan Ta’mirul Masjid (BTM) Ijtihad Maasing bernama Baznas Halal Food Maasing. Lokasi di kawasan Boulevard Kelurahan Maasing dekat dengan jembatan Bobo Maasing.

“Alhamdulillah kami berterima kasih kepada Baznas Sulut yang memilih Maasing menjadi pusat kuliner halal,” tutur Ketua BTM Ijtihad Maasing Sutrisno Djafar tadi pagi.

Sekedar diketahui, kawasan food halal akan diresmikan Ketua Umum Baznas Bambang Sudibyo, Jumat (5/4/2019) hari ini, pukul 19.00 Wita.

“Iya, Pak ketua sangat tertarik untuk melihat langsung lokasi food halal,” ujar Ketua Baznas Sulut Abid Takalamingan.

Menurut Abid, di peresmian nanti akan dihadiri 100 tamu Baznas se Indonesia. Mereka penasaran makanan halal khas Manado yang akan disuguhi para pedagang kuliner halal. Kawasan food halal dikelola oleh panitia yang ditunjuk pengurus BTM Ijtihad Maasing.

Panitia mencari para pelaku usaha makanan di seputaran Maasing. Hasil seleksi, didapat 10 pedagang makanan kategori mustahaq atau kurang mampu secara ekonomi.

”Kami ditugaskan mencari ibu ibu rumah tangga yang ingin membantu ekonomi keluarga. Setelah diseleksi berdasarkan kriteria Baznas, akhirnya dapat 10 mustahaq yang butuh bantuan modal. Mereka dilatih Baznas Sulut selama sehari,” ucap ketua pengelola Hayati Karim.

Selain itu, untuk modal usaha, murni bersumber dari zakat yang dikumpulkan Baznas Sulut. Tidak ada pengembalian, semua bantuan modal diserahkan kepada pedagang dan sebagian untuk tempat usaha. Untuk modal berbeda-beda nilainya.

“Seperti itu bahwa bantuan dari hasil zakat yang diberikan Baznas Sulut,” katanya.

Selanjutnya, untuk menu di kawasan halal food sebagian besar makanan rumahan. Mulai dari ayam iloni, ilabulo, bindebiluhuta, lalapan, ayam bakar, ikan bakar, gorengan, mie ceplok, tinutuan dan banyak lagi. (*/Redaksi)

iklan1
iklan1