Sukseskan Pemilu Serentak 2019, Ini Ajakan Sejumlah Ketua PPK di Manado

Amas Mahmud, Marlen Kotambunan dan Victor Noya (FOTO Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Tidak mudah memang menyukseskan Pemilu Serentak yang baru pertama kali dilaksanakan di Indonesia. Apalagi, sukses dengan predikat Pemilu berkualitas dengan prinsip Langsung Umum Bebas Rahasia (Luber) dan Juru Adil (Jurdil). Dibalik percakapan publik soal apresiasi demokrasi, para pekerja dijajaran penyelenggara Pemilu memiliki ekspektasi tersendiri.

Menurut Amas Mahmud, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Malalayang Kota Manado Pemilu merupakan fase penting dalam memajukan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat. Jebolan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unsrat Manado itu menilai kunci keberhasilan Pemilu terletak pada partisipasi publik yang mana dikatakannya saat ini mulai terlihat.

”Tidak semudah membalikkan telapak tangan kita menyukseskan Pemilu. Di tahun 2019 ini Pemilu yang dihelat adalah Pemilu Serentak, dimana masyarakat harus mencoblos 5 kertas suara yakni Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Itu sebabnya masyarakat harus betul-betul diberikan bekal pemahaman kami PPK melakukan sosialisasi agar masyarakat paham mekanisme mencoblos, jadwal, mendaftarkan mereka di DPT dan seterusnya berdasarkan ketentuan Undang-Undang Pemilu tentunya. Saat ini peningkatan partisipasi publik dalam amatan saya sudah mulai meningkat terutama di Kecamatan Malalayang Kota Manado. Kami mengajak masyarakat ayo berbondong-bondong ke TPS pada hari Rabu 17 April 2019 mendatang,” ujar Amas, Minggu (7/4/2019).

Ditempat terpisah, Sabtu (6/4/2019), Marlen Kotambunan selaku Ketua PPK Paal Dua menuturkan pihaknya tak henti-henti melakukan kampanye dan ajakan kepada masyarakat agar mengecek ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) terkait status mereka di Daftar Pemilih Tetap (DPT). Tidak hanya itu, aktivis jelang pencoblosan Rabu 17 April 2019 PPK Paal Dua terus mematangkan persiapan seperti mengisi kertas suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS), dan urusan lain sesuai amanat Undang-Undang.

”Kita terus berada dilapangan, menjalankan tugas Negara sebagai penyelenggara Pemilu di tingkat Kecamatan. Kami mengajak masyarakat untuk pro-aktif mengecek informasi ke KPU Kota Manado apakah mereka terdaftar di DPT ataukah belum, dan ini kami lakukan sejak lama. Tentunya target kami agar partisipasi pemilih di Pemilu Serentak 2019 ini meningkat, Golput dapat ditekan. Oh iya, menyangkut giat saat ini kami PPK Paal Dua menyortir surat suara dimasukkan ke kotak suara dan persiapan Bimtek Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPP),” tutur Marlen.

Hal senada juga disampaikan Ketua PPK Sario, Victor Noya bahwa beberapa Minggu jelang Pemilu jajaran PPK main disibukkan dengan kerja-kerja lapangan. Tory sapaan akrab Victor menyebutkan penyelenggara Pemilu pada prinsipnya akan terus memaksimalkan kerja, mengajak masyarakat agar ramai-ramai menuju ke TPS. Selain itu, jebolan Hukum Unsrat ini mengingatkan KPPS agar menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) yang akan digelar PPK Sario.

”Luar biasa kita menikmati semua skedul dan perintah dari jajaran KPU untuk menyukseskan Pemilu Serentak 2019. Tanpa ada alasan, karena prinsipnya ‘penyelenggara Pemilu dilarang sakit’. Kita menunjukkan kerja maksimal, kerja bersama agar Pemilu 2019 berjalan Jurdil dan Luber tanpa ada hambatan berarti. Saya mengajak warga Sario agar menunaikan hak pilihnya, jangan Golput. Ingat Pemilu Sertak 2019 harus dimanfaatkan untuk memilih calon pemimpin sesuai hati nurani masing-masing,” ucap Tory tegas. (*/Redaksi)

iklan1
iklan1