Mewengkang Sebut Dunia Pariwisata Angkat Perekonomian Sulut

Kegiatan Bimtek pariwisata (FOTO Ist)

MANADO, Suluttoday.com – Dibawah pemerintahan Olly Dondokambey Steven Kandouw (ODSK) perekonomian Sulawesi Utara bertumbuh pesat dan salah satunya faktor pendukung adalah sektor Pariwisata.

“Sudah terbukti Sulawesi Utara dalam tangan ODSK telah membawa pertumbuhan ekonomi meningkat, dan sektor pariwisata merupakan penyumbang devisa terbesar. Yang semua itu merupakan kerja keras seluruh stakeholder pariwisata yakni hotel, restoran, rumah makan dan Cafe,” ungkap Kadis Pariwisata Daerah Provinsi Sulut, Daniel Mewengkang SE MSi Rabu (10/4/2019).

Lebih lanjut Mewengkang saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis tentang sertifikasi usaha pariwisata (hotel restoran rumah makan dan cafe), bahwa dalam dunia pariwisata diperlukan sertifikasi kompetensi dalam dunia usaha jasa pariwisata sebagai jaminan.

“Semakin banyaknya wisatawan yang masuk ke Sulut mewajibkan stakeholder pariwisata di Sulut berinovasi dan melakukan perubahan termasuk sertifikasi dan kompetensi, sehingga saat melakukan pelayanan kepada konsumen terlihat sesuai standart,” ujarnya.

Senada dengan Mewengkang, Prof DR Beth Lagarance MM sebagai salah satu pemateri menyatakan dunia usaha pariwisata di Sulut harus memperhatikan sertifikasi usahanya sekaligus melihat kompetensi dari seluruh karyawannya, untuk mendapatkan hasil yang baik serta sesuai dengan aturan saat ini.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Industri Pariwisata, DR Freddy Tamarindang, menjelaskan tujuan dari kegiatan Bimtek ini adalah untuk meningkatkan pemahaman pentingnya standarisasi usaha pariwisata serta mengembangkan wawasan dan ketrampilan para pelaku usaha pariwisata, yang bertujuan meningkatkan kualitas standar pelayanan serta sumber daya manusia yang berkompetensi dalam bidang pariwisata. (Cat)

iklan1
iklan1