Dishub Sulut Usul Supir Bis Pariwisata Dijamin BPJS

Kegiatan sosialisasi bagi pekerja informal (FOTO Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Sulawesi Utara mengusulkan adanya dukungan dari pihak-pihak terkait untuk penunjang program ODSK disektor transportasi pariwisata. Hal tersebut disampaikan Kepala  Bidang Darat Dishub Sulawesi Utara, Weldi Poli saat sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan kepada pekerja informal Jumat (14/06/2019) di aula Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulut.

Menurut Poli bahwa dengan semakin tingginya jumlah turis asing dan dibukanya jalur-jalur penerbangan langsung Sulawesi Utara, sektor transportasi darat merupakan penunjang penting untuk mengeksplorasi destinasi wisata yang ada, sehingga jaminan sosial bagi pengemudi dirasakan penting artinya.

Sebelumnya mantan Kepala Perwakilan Sulawesi Utara di Jakarta ini menyatakan siap mendukung program Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey dalam menjamin supir angkutan pada program BPJS Ketenagakerjaan dengan mendata pengemudi angkutan kota dalam propinsi, angkutan kota dan angkutan antar kota yang berdomisili di Sulawesi Utara.

Seperti diketahui bersama saat Peringatan Hari Buruh 1 Mei 2019, telah ditandatangani kesepakatan bersama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan BPJS Ketenagakerjaan untuk supir-supir angkutan darat dalam jaminan sosial.

Dan dalam sosialisasi yang dilaksanakan, calon peserta jaminan sosial pekerja informal yang akan diikutkan dalam program BPJS Ketenagakerjaan adalah berusia 13 tahun sampai 59 tahun dengan jumlah jaminan jika terjadi kecelakaan hingga meninggal dunia adalah hampir Rp 50juta rupiah. Kabarnya iuran akan ditanggung Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan akan tercover adalah  10 ribu supir. (Cat)

iklan1
iklan1