Dewan Vokasi Nasional Beri Angin Segar bagi Pencaker Sulut

Tumundo saat melakukan kegiatan pencaker (FOTO Ist)

MANADO, Suluttoday.com – Dewan vokasi nasional nampaknya siap berjalan seiring berjalannya program ODSK, demi peningkatan kesejahteraan masyarakat Sulawesi Utara. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulawesi Utara, Erny Tumundo kepada media Kamis (11/07/2019).

“Pak Anton J Supit selaku Ketua Dewan Vokasi Nasional memberikan angin segar bagi pencari kerja (Pencaker) Indonesia terlebih khusus Sulawesi Utara untuk bisa bekerja di Jepang, dan ini sangat mendukung program pemerintah Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) yang dijalankan oleh, Olly Dondokambey dan Steven Kandouw selaku pemimpin daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Supit memberikan penjelasan bahwa proses pengiriman skill labor/tenaga kerja trampil ke Jepang atau SSW/Specified Skilled Worker masih dalam proses.

"SSW Agreement baru di tandatangani 25 Juni lalu dengan Jepang. Tapi kalau Sulut ingin memanfaatkan kesempatan ini, so bisa mulai pikirkan dengan kursus bahasa Jepang," jelas Supit. 

Lebih lanjut Supit mengatakan bahwa pengirim tenaga kerja ke jepang bisa melakui Magang seperti yang sudah berjalan saat ini tapi ada SKIM baru melalui SSW.

“Mudah-mudahan ada anak-anak muda dari Sulut yang bisa bekerja di Jepang, karena saat ini so bisa sampe 5 tahun tapi persyaratan dan test kompetensi. Di Jepang ada peluang untuk 14 jenis pekerjaan dan ratusan ribu lowongan,” tandas Supit.

Tumundo pun menambahkan bahwa saat ini di Sulut ada 5 LPK yang mendapatkan ijin dari  Kemnaker untuk mengirim tenaga kerja ke Negeri Sakura  dan masih menggunakan mekanisme magang.

“Sampai saat ini di Sulawesi Utara melakukab pengiriman tenaga kerja ke Jepang melalui 5 LPK yang diakui pemerintah dan berjalan lancar, hampir setiap minggu ada pengiriman walaupun tidak dalam jumlah banyak,” tambah Tumundo sembari berharap adanya agreement pemerintah Ind dan Jepang, akan semakin banyak pencaker Sulut yang bisa bekerja  di Jepang. (Cat)

iklan1
iklan1