Utusan Unsrat Tembus Semi Final di Ajang MTQ Nasional

Tim MTQ Unsrat Manado saat berada di Aceh (FOTO Ist)

MANADO, Suluttoday.com – Seperti mengubah mitos, dimana sepanjang sejarah utusan Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado tidak tembus dalam kompetisi di ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional. Kali ini, tepatnya pada MTQ tingkat Mahasiswa se-Indonesia XVI yang bertempat di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, civitas akademika Unsrat tersenyum bangga.

Dimana peserta Kafilah Unsrat yang mengikuti Fahmil Qur’an yaitu lomba Cerdas tangkas Al-qur’an menembus Semi Final. Para rombongan dipimpin langsung Wakil Rektor VI Unsrat Manado, Prof Dr Ir Sangkartadi. Selaku pemimpin Official, Prof Sangkartadi menyampaikan terima kasih dan ucapan syukur atas terobosan yang dilakukan mahasiswa perwakilan Unsrat tersebut.

”Iya tentu kita patut bersyukur atas kemajuan ini. Alhamdulillah kami telah berhasil mencapai Semi Final, dan mohon doa restunya kepada semua pihak agar Tim Unsrat ini masih dapat melaju sampai ke podium juara,” ujar Prof Dr Ir Sangkertadi.

Lanjut ditambahkan Dosen Fakultas Teknik Unsrat Manado itu bahwa lomba Fahmil Qur’an, berkaitan dengan materi-materi sejarah Islam, Syariah, akidah, dan Hadist serta seni bacaan Al Qur’an yang disajikan baik dalam bahasa Indonesia, Arab maupun Inggris.

”Tidak mudah memang materinya. Melalui lomba yang diikuti sekira 72 tim perguruan tinggi ini, hanya 18 tim yang masuk Semi Final. Tim MTQ Unsrat akan bertarung dalam Semi Final pada 1 Agustus nanti,” kata Prof Sangkartadi.

Untuk diketahui, MTQ yang berlangsung sejak 28 Juli hingga 4 Agustus ini, diikuti sekira 179 Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta. Dengan 16 bidang lomba bagi peserta jenis perorangan maupun regu.

Tim Unsrat sendiri mengikuti 7 jenis lomba dengan 13 mahasiswa sebagai peserta. Selain itu, Tim Unsrat yang mengikuti MTQ Nasional juga didampingi para Dosen Agama Islam, instruktur dan pembina Badan Tadzkir serta staf bidang kemahasiswaan. (*/Amas)

iklan1
iklan1