IFI Manado Bantu Tingkatkan Kualitas Hidup Lansia

Kegiatan seminar Geriatri (FOTO Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Ikatan Fisioterapi Indonesia (IFI) cabang Manado selama dua hari melakukan kegiatan yang membantu program Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) dengan memperkenalkan fisioterapi guna meningkatkan kualitas hidup lanjut usia.

Salah satunya adalah seminar yang mengenalkan kemasyarakat tentang apa Itu  Fisioterapi dan peranan Fisioterapi dalam Sistem Jaminan Kesehatan Nasional akhir pekan lalu.

Dalam seminar yang dihelat di Gereja St Josep Pelindung Pekerja, para pemateri menjabarkan bahwa peran IFI Manado memperkenalkan fisioterapi sangatlah mendukung kebijakan Pemerintah Sulut dibawah kepemimpinan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw untuk mewujudkan Lansia Sehat, Mandiri, Aktif Dan Produktif melalui Upaya Preventif, Promotif Dan Pola Hidup Sehat dan Peningkatan Kualitas Hidup.

Lebih lanjut dirangkum media ini pada seminar yang menghadirkan Denny Yanes Lindongi AMd.Ft dan Dency Pamantanan S. Ft. Physio,  intinya memperlambat proses Degenerasi melalui peningkatan aktivitas fisik yang terjadi pada Lansia.

Bagi Kelompok Lansia yang ingin berkonsultasi dan berobat, pelayanan fisioterapi di Sulawesi Utara sudah ada di Rumah Sakit Umum GMIM Pancaran Kasih Manado Atau RSUP PROF Dr RD Kandouw Manado.

Ternyata klinik Lansia Rumah Sakit Umum GMIM Pancaran Kasih Manado sudah dibuka dari Juni 2018 dan diresmikan oleh Direktur RSU GMIM Pancaran Kasih Manado, Dr Franky VT Kambey MKes dan saat ini di bawah tanggung jawab DR Dr Yuanita Langi Sp.Pd-Kemd serta dilengkapi Tenaga Perawat , Tenaga Fisioterapi dan Tenaga Gizi. Pelayanan klinik geriatri buka setiap hari Selasa dan Kamis jam 13.00 wita – sampai selesai.

Sementara itu, di RSUP PROF Dr. RD KANDOU MANADO baru Juli 2019 membuka Klinik Pelayanan Terpadu Geriatri. IFI Manado juga melakukan pengenalan senam khusus lansia dan kegiatan bakti sosial lainnya.(cat)

iklan1
iklan1