Bapenda Sulut Kerjar Penerimaan Pajak Alat Berat

Tim Bapenda inventaris nilai pajak alat berat (FOTO Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui Bapenda Sulut menegaskan untuk menunjang program Operasi Daerah Selesaikan Kewajiban (ODSK), pihaknya melakukan kegiatan penelusuran dan inventarisasi/pendataan kepemilikan kendaraan bermotor, alat berat dan alat besar di perusahaan yang berada di wilayah Provinsi Sulawesi Utara.

Tim Khusus yang dibentuk oleh Kepala Bapenda Sulut Olvie Atteng, SE MSi, pun langsung diturunkan guna menunjang kinerja instansi yang merupakan Koordinator Pendapatan Daerah. Tim yang didalamnya terdapat anggota Penyidik (PPNS), walaupun berpanas-panasan tetap semangat melakukan inventarisasi dan penetapan terhadap nilai Pajak alat berat dan alat besar.

Serta pendataan kendaraan operational yang berasal dari luar daerah. Dijelaskan Atteng bahwa pemberlakuan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) untuk alat berat dan alat besar dimaksudkan untuk menyediakan dana bagi pemerintah daerah untuk memperbaiki kerusakan jalan dan lingkungan akibat pengoperasian alat-alat tersebut. Dan diuraikan Atteng bahwa penerimaan dari pengenaan PKB tersebut termasuk yang dibagihasilkan kepada Kabupaten/Kota yang dialokasikan untuk pembangunan, pemeliharaan jalan, dan pemeliharaan lingkungan.

Petugas Bapenda saat dilapangan (FOTO Suluttoday.com)

Sesuai dengan aturan, Pemerintah Daerah tetap dapat memungut PKB atas alat berat dan alat besar selama belum diundangkannya UU pengganti UU No. 28 Tahun 2009 atau sampai dengan masa tenggang waktu 3 (tiga) Tahun sejak ditetapkannya putusan MK tersebut berakhir (10 Oktober 2020).

Atteng pun berharap kepada para pelaku usaha untuk dapat kooperatif, beritikad baik saat mendapat kunjungan dan pendataan dari Tim Bapenda Sulut. Kegiatan dan hasil yang dilakukan ini akan dievaluasi dan dilaporkan kepada Pimpinan, dan akan ditangani selanjutnya oleh Kejaksaan dan KPK. (Cat)

iklan1
iklan1