Hindari Kasus, Disnakertrans Validasi Data Lokasi Transmigrasi

Rakor validasi data dan percepatan penyelesaian SHM Transmigrasi (FOTO Ist)

MANADO, Suluttoday.com – Masalah kepemilikan tanah menjadi perhatian khusus pemerintah, terutama tanah yang sudah dimanfaatkan sebagai kawasan transmigrasi. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Disnakertrans Sulawesi Utara, Erny Tumundo saat membuka kegiatan rapat koordinasi validasi data dan percepatan penyelesaian sertifikat hak milik di salah satu hotel di Kota Manado.

Dibeberkan Tumundo pihaknya tengah membantu penyelesaian masalah tanah di kawasan transmigrasi, di harapkan melalui kegiatan yang turut dihadiri Kementerian Desa dan Daerah Tertinggal dan Kanwil BPN Manado dapat ditemukan solusi dari permasalahan yang dihadapi baik yang sudah berproses di pengadilan maupun yang muncul dari keluhan warga transmigrasi.

Tumundo meminta peserta rapat bisa bersama memberikan masukan yang terbaik sehingga program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) sampai ke pelosok Sulawesi Utara termasuk kawasan transmigrasi.

“Kabupaten yang berani meminta dan menyiapkan wilayahnya sebagai kawasan transmigrasi harus siap, jangan sampai setelah bertahun-tahun ditempati transmigran, muncul permasalahan dari ahli waris sehingga pertemuan ini sangat penting, dan untuk sementara waktu Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey belum memberikan rekomendasi bagi wilayah yang mengajukan permohonan, kalau belum benar clear and clean sebagai persyaratan utama, efeknya bisa menghambat percepatan pelaksanaan program ODSK,” tandas Tumundo.(cat)

iklan1
iklan1