Orang Tua Diminta Lindungi Anak dari Efek Negatif Digital

Humiang saat membuka kegiatan parenting digital (FOTO Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Era milenial peran digital seperti saat ini teknologi, komunikasi, dan informasi sudah tak bendung dan menjadi kebutuhan pokok.  Namun hal ini menjadi tantangan tertentu terlebih hubungan antara orang tua dengan anak-anak.

Melihat persoalan ini, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) mengadakan Pelatihan Parenting di Era Digital bagi Aktivis Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat, di salah satu hotel di Kota Manado, Selasa (01/10/2019).

Mewakili Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, Asisten bidang Pemerintahan dan Kesra , Edison Humiang, mengatakan menghadapi tantangan ini diperlukan peran lintas generasi yang cerdas memanfaatkan kemajuan teknologi.

“Orang tua harus aktif menjalankan peran terutama melindungi anak-anak dari dampak negatif digitalisasi,” sebut Humiang.

Dijelaskannya juga bahwa orang tua harus berkontribusi mendukung pembangunan daerah dengan menjaga moral dan akhal generasi penerus bangsa. Di bawah kepemimpinan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw di Bumi Nyiur Melambai ini, keluarga harus melakukan 3B, Berdoa, Bermain, dan Belajar.

“Ini juga memerlukan keaktifan orang tua agar ada kualitas yang baik antara orang tua dengan anak,” papar Humiang.

Sementara itu, Kepala Dinas PPPA Sulut Mieke Pangkong mengungkapkan era digital ini anak harus diarahkan orang tua dalam memanfaatkan gawai atau gadget. Kecanggihan teknologi itu seyogyanya dipergunakan untuk tumbuh kembang anak.

”Saya mengajak orang tua untuk bisa membantu anak memfilter informasi yang anak terima dari media digital dan sosial media. Tujuannya agar membawa perkembangan pendidikan anak,” kata Pangkong.(cat)

iklan1
iklan1