Program Keringanan ODSK Dongkrak Penerimaan UPTD PPD Manado

Keringanan pajak berlaku hingga Desember 2019 (FOTO Ist)

MANADO, Suluttoday.com – Program keringanan pembayaran pajak kendaraan bermotor yang dibesut Gubernur Sulut, Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur, Steven Kandouw (ODSK) cukup membawa dampak pada penerimaan kas daerah.

Di UPTD PPD Manado Bapenda Sulawesi Utara seperti diungkapkan Kepala UPTD PPD Manado, Herlina Karepu Selasa (01/10/2019), program yang diberlakukan sejak awal September membawa penerimaan selama bulan kesembilan tahun 2019 sebesar Rp 22.8 M atau 84.2 persen dari target bulanan yang ditetapkan.

Untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor pihak UPTD PPD Manado dijelaskan Karepu yang didampingi Kasie Pelayanan Pajak, Aprine Siwi, mencapai nilai Rp 14.3 M. Karepu pun optimis di bulan Oktober, kebijakan Gubernur yang diberlakukan sampai dengan 31 Desember 2019 kepada seluruh masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara, yang tertuang dalam Pergub 33 Tahun 2019 juga berdampak positif.

Sementara itu, Kepala Bapenda Sulut, Olvie Atteng menegaskan pihaknya melakukan sejumlah inovasi guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pemilik kendaraan selaku wajib pajak. Tak hanya itu, ke depan, dengan support Polri melalui Ditlantas Polda Sulut akan menggalakkan kerjasama dengan unsur Pembina Samsat melalui pelaksanaan kegiatan Operasi Gakkum Lantas 2019 dengan sandi “Mapalus Pajak”, yang tujuannya untuk membangun masyarakat sadar pajak kendaraan bermotor.

Operasi Mapalus Pajak ini akan diselenggarakan secara serentak diseluruh wilayah kesatuan kerja Polda Sulawesi Utara mulai tanggal 30 September 2019. Bagi kendaraan bermotor yang menunggak pajaknya dapat menyelesaikan kewajibannya ditempat dan tidak akan ditilang. Dan bagi yang belum menyelesaikan, akan ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku.(cat)

iklan1
iklan1