Peduli PAPUA, HMI Manado Gelar Aksi ‘Indonesia Damai’

Orasi dilakukan di depan Mantos (FOTO Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Melihat konflik yang saat ini semakin memprihatinkan terlebih khusus yang terjadi di Papua, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Manado menyelenggarakan aksi damai pada Senin (30/9/2019). Aksi kemanusiaan yang dilaksanakan merupakan suatu bentuk solidaritas terhadap ketidakadilan yang menimpa saudara-saudara yang ada di Papua.

Menurut Koordinator Lapangan (Korlap) Aksi Kanda Prana Kadjaya, memaparkan beberapa poin yang mendasar terkait dengan gerakan tersebut.

“Poin yang kami bawa diantaranya adalah Wujudkan Pancasila sila ke 5, Menyambut Kedatangan Mahasiswa Papua di Bumi Nyiur Melambai, Indonesia damai tanpa penindasan, Sulut Aman Untuk Mahasiswa Papua,” ujar Korlap Aksi Kanda Prana Kadjaya.

Berbagi bunga, bertanda cinta kedamaian dan kerukunan (FOTO Suluttoday.com)

Sementara itu, Kanda Iman Karim selaku Ketua Umum HMI Cabang Manado mengajak warga Sulawesi Utara terlebih khusus masyarakat Kota Manado untuk mencintai perdamaian.

“Kami mengajak kepada seluruh masyarakat untuk terus menerapkan perdamaian dalam hubungan sosial terlebih di daerah Kota Manado yang telah berpredikt Kota Paling Toleran di Indonesia,” ungkap Kanda Iman Karim.

Tak hanya itu Kanda Iman menambahkan wujud nyata dari aksi kemanusiaan yang dilaksanakan oleh HMI Cabang Manado. “Kami melakukan pembagian bunga sebagai implementasi untuk merajuk solidaritas dan cinta damai kepada seluruh warga masyarakat yang ada,” tutu Ketum HMI Cabang Manado ini menambahkan.

Iman juga berharap pelajar maupun mahasiswa Papua yang saat ini belum kembali ke Manado agar dapat melanjutkan dan melakukan aktivitasnya.

Aksi bagi bunga dari kader HMI Cabang Manado (FOTO Suluttoday.com)

“Harapan saya untuk seluruh mahasiswa papua yang kembali ke daerahnya masing-masing, Sulut saat ini sangat aman dan siap menerima keberadaan saudara-saudara yang akan melanjutkan studi,” tegasnya menutup.

Adapun serangkaian aksi dilaksanakan dari depan Mantos hingga di pusat keramaian Mega Mall Manado. (*/Redaksi)

iklan1
iklan1