Jelang Penetapan UMP 2020, Dewan Pengupahan Turun Lapangan

Perbincangan serius antara Dewan Pengupahan Sulut dan Wakil Walikota Bitung (FOTO Suluttoday.com)

BITUNG, Suluttoday.com – Penetapan dan pengumuman upah minimum provinsi (UMP) 2020 semakin dekat. Dan untuk menunjang prosesnya, Dewan Pengupahan Sulawesi Utara turun ke lapangan. Didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Suĺut, Erny B Tumundo, dewan pengupahan mengumpulkan sejumlah data pendukung di Kabupaten Minahasa Utara dan Kota Bitung.

Di Kota Bitung, dewan pengupahan yang terdiri dari unsur serikat pekerja dan buruh, dan Apindo berkesempatan berdialog langsung dengan Wakil Walikota, Maurits Mantiri. Usai Bitung dan M inahasa Utara, dewan pengupahan juga akan turun ke Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Minahasa Tenggara.

Tumundo selakub Sekretaris Dewan Pengupahan mengatakan bahwa penetapan UMP 2020 masih memakai aturan yang berlaku yaitu PP 78, namun di tahun  2021 akan menggunakan formula perhitungan komponen hidup layak. Untuk itu, melalui kunjungan ke wilayah-wilayah yang belum ada dewan pengupahan, Tumundo mengajak agar segera dibentuk.

Pasalnya usai UMP ditetapkan dan diumumkan selang 21 hari kabupaten/kota diharapkan bisa mengumumkan upah minimun kabupaten/kota. Pengumuman resmi UMP 2020 Sulut, akan dibacakan 1 November nanti.(cat)

iklan1
iklan1