Faisal Salim Perjuangkan Politik Gagasan di Pilwako Manado 2020

Faisal Salim (FOTO Ist)

MANADO, Suluttoday.com – Kian kompleksnya permasalahan politik di tanah air, membuat para politisi harus lebih serius dan berani melakukan perbaikan. Beragam perjuangan dilakukan, tujuannya tentu memperbaiki situasi politik kita hari ini. Dan hal itu akan bersumbangsih pada perbaikan dan penyanggah terhadap kualitas demokrasi. Hal itu menjadi perhatian Faisal Salim, SE, Ketua BM-PAN Kota Manado.

Menurut politisi muda yang satu ini kedepan perubahan tradisi politik harus terjadi. Upaya kearah itu mesti dimulai dari sekarang dan dilaksanakan melalui perubahan kesadaran berpolitik. Gagasan yang diusulkan Salim, diantaranya yaitu soal batas waktu bagi para anggota DPRD dan DPR Republik Indonesia. Bagi Salim rotasi regenerasi dalam politik perlu diperhatikan.

”Kadang penyampaian aspirasi publik tidak jalan. Sepertinya ada yang macet, penyebabnya banyak. Ada wakil rakyat yang mungkin jenuh dan hanya berkonsentrasi pada mengumpulkan kekayaan pribadi, lalu mengabaikan kepentingan publik. Cela itu terlahir dari keberadaan mereka yang berulang-ulang kali menjadi wakil rakyat di level tertentu saja. Kedepan harus ada perbaikan. Kalau mau maju kerja parlemen, kita wajib mengoreksi perkaderan,” ujar Bang Toyib sapaan akrab Salim.

Tidak hanya itu, ia bahkan secara rinci memberikan contoh berkurangnya stamina para politisi yang duduk di lembaga DPR. Bila perubahan paradigma tersebut dilakukan Salim optimis akan ada progres perbaikan demokrasi kedepannya. Elit partai politik diharapkan dapat menjadi pelopor dalam perubahan yang disampaikan itu.

”Saya berharap ada perubahan besar dalam tatanan politik kita. Itu semua berawal dari kesadaran personal elit partai politik. Tolong diatur agar anggota DPRD Kabupaten/Kota hanya bisa menjabat dua periode, kemudian DPRD Provinsi misalkan hanya bisa 3 periode batasnya. Selanjutnya DPR RI, agar ada peluang bagi generasi lain memberikan pengabdiannya. Jika ini dilakukan secara tertib, akan ada kemajuan pesat dalam demokrasi kita,” kata Bang Toyib tegas.

Untuk diketahui, Bang Toyib telah digadang-gadang warga Manado untuk maju di Pilwako 2020. Dalam sejumlah kesempatan politisi yang blak-blakan dan berani menyampaikan ide murninya itu menuturkan kesiapannya memperjuangkan politik gagasan demi kemajuan Kota Manado. (*/Redaksi)

iklan1
iklan1