Pemkab Bolmong Didorong Bentuk Dewan Pengupahan

Dewan Pengupahan Sulut lakukan FGD di Bolmong (FOTO Suluttoday.com)

BOLMONG, Suluttoday.com – Dewan pengupahan Provinsi Sulut kembali melaksanakan Forum Group Discussion terkait UMP di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong). Tim dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Dewan Pengupahan Sulut, Erny Tumundo langsung melakukan dialog bersama perangkat daerah dan pimpinan perusahaan yang ada di Bolmong.

Dalam penjelasannya Tumundo Rabu (09/10/2019) malam yang kesehariannya adalah Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulut menyatakan bahwa pembentukan dewan pengupahan di kabupaten/kota sangat penting dalam proses penetapan upah minimum yang di tahun 2021 berdasarkan perhitungan komponen hidup layak (KHL) di tahun sebelumnya.

“Mengingat pentingnya ada dewan pengupahan kabupaten dibentuk tahun 2020 dan menyiapkan anggarannya, karena ketika akan memberlakukan hasil survey KHL untuk penerapan UMP 2021,” ujarnya.

Lebih lanjut, Tumundo menandaskan bahwa kunjungan kerja tersebut juga melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) penerapan UMP di perusahaan termasuk penerapan UMP THL di Pemkab Bolmong. “Selain menyerap permasalahan ketenagakerjaan, kami juga melakukan monev penerapan UMP baik diperusahaan maupun terhadap Tenaga Harian Lepas,”pungkas Tumundo.(cat)

iklan1
iklan1