Ribuan Koperasi di Sulut Siap Dibekukan

Penertiban koperasi hingga 31 Januari 2020 (FOTO Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Dinas Koperasi dan UKM Sulawesi Utara menyatakan dalam Operasi Daerah Sehatkan Koperasi /UKM siap melakukan pembekuan dan pembubaran koperasi. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulut, Ronald Sorongan kepada media ini Rabu (09/10/2019) diruang kerjanya.

“Saat ini kami tengah menertibkan ribuan koperasi yang tidak aktif, dan 1.643 unit koperasi dalam proses untuk dibekukan,” ujarnya.

Lebih lanjut Sorongan menjelaskan bahwa proses pembekuan koperasi berdasarkan surat keputusan menteri Koperasi tahun 2017. Sorongan menandaskan bahwa koperasi yang diakui adalah yang memiliki nomor induk koperasi dan yang paling sehat adalah yang dilengkapi sertifikat alias menjalankan fungsi dengan benar serta menjalankan Rapat Anggota Tahunan dalam 3 tahun berturut-turut.

Untuk itu, Sorongan menghimbau kepada koperasi-koperasi yang ada untuk melakukan pendataan ulang di Dinas Koperasi, karena per tanggal 31 Januari 2020, koperasi yang tidak terdaftar akan dibekukan.(cat)

iklan1
iklan1