Posko Menangkan Pancasila Sulut Rutin Gelar Kursus Politik

Bung JRT saat memaparkan materi (FOTO Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Demi memperkuat pengetahuan tentang persoalan politik dan sosial. Posko Menangkan Pancasila (PMP) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melaksanakan Kursus Politik. Kali ini mengangkat PMP tema “Mengapa Pancasila Harus di-Menangkan?”.

Tema ini sengaja di angkat, kata Bung Jim R Tindi yang juga Ketua PRD Sulut adalah untuk menjawab semua pertanyaan publik terkait kampanye yang dilakukan PRD. Lanjut Tindi, kampanye itu bermaksud memberi jawaban terhadap persoalan bangsa yakni “#MenangkanPancasila”.

”Adapun penyataan yang paling sering muncul apakah Pancasila lagi kalah?, Bukannya Pancasila sudah final sebagai dasar negara ?. Kita menjawab pertanyaan dan keraguan publik soal Pancasila. Jadi, secara komprehensi kita membahas, baik dari latar historis, terotis, filosofis, sosiologis dan peran universal Pancasila,” kata Tindi yang menjadi pemantik dalam kursus tersebut, Jumat (11/10/2019).

Tambah Tindi memberi penjelan soal Pancasila yang dikatakannya sudah final sebagai dasar negara tetapi dalam tahapan implementasi masih jauh dari Marwah Pancasila itu sendiri. Pancasila seharunya dijadikan dasar dalam merumuskan setiap kebijakan ekonomi ataupun politik.

”Pancasila itu dasar kita bernegara. Tapi hari ini tidak demikian, Pancasila masih belum melingkupi itu. Masih banyak kebijakan dan undang-undang yang tidak berpihak kepada kepentingan rakyat. Malah justru menguntungkan kepentingan segelintir orang atau kelompok tertentu. Alhasil masyarakat selalu menjadi korban kebijakan dari pemerintah, yang kaya makin kaya yang miskin makin miskin,” ucap Tindi tegas.

Diskusi alot dalam forum kursus politik (FOTO Suluttoday.com)

Belum lagi persoalan Papua. Selama ini Pancasila tidak pernah dihadirkan dalam menyelesaikan persoalan yg ada di Papua. PRD sendiri selalu menyuarakan agar Pancasila dimenangkan di tanah Papua yang kemudian tertuang dalam Resolusi PRD untuk Papua.

”Selama penindasan manusia atas manusia dan bangsa atas bangsa masih tumbuh tumbuh subur di bangsa ini selama itu Pancasila masih belum menang, jadi mari bersama Menangkan Pancasila tutup Jim. Perlu diketahui KURPOL merupakan kegiatan diskusi Mingguan yang diselenggarakan oleh PMP Sulut dan terbuka untuk umum,” tutur Bung JRT sapaan akrab Tindi menutup. (*/Redaksi)

iklan1
iklan1