Perpunas Ajak Masyarakat Lindungi Aset Budaya Bangsa

Kegiatan sosialisasi UU nomor 13 tahun 2018 (FOTO Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – MANADO, Suluttoday.com – Pemerintah Republik Indonesia berkewajiban melindungi seluruh aset budaya bangsa termasuk yang terdokumentasi baik melalui karya cetak dan karya rekam.

Untuk itu, Perpustakaan Nasional (Perpunas) Republik Indonesia turun langsung ke daerah seperti yang dilangsungkan di salah satu hotel di Kota Manado Selasa (29/10/2019) untuk mensosilisasikan undang-undang nomor 13 tahun 2018 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam.

Dalam pasal-pasal di dalamnya menjelaskan pentingnya peran serta masyarakat yang termasuk peran membangun budaya literasi. Ada juga mengatur tentang hasil-hasil karya warga negara Indonesia yang dipublikasikan wajib diserahkan kepada Perpunas.

Bahkan karya cetak maupun karya rekam yang dilakukan oleh warga negara asing namun dibuat di Indonesia dan dipublikasikan wajib diserahkan ke Perpunas. Kegiatan yang dihadiri oleh Deputi Bidang Pengembangan Bahan Perpustakaan dan Jasa Informasi Perpunas, Dra Ofi Sofiana MHum dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan, Arsip Daerah Sulut, Janny Lukas.

Turut hadir dalam sosialisasi tersebut dari pihak kepolisian daerah, kejaksaan, akademisi, produser rekaman, penerbit dan jurnalis.(cat)

iklan1
iklan1