Faisal Salim dan Kaka Enda Sepakat Jalin Politik Tanpa Sekat

Bang Faisal dan Kaka Enda (FOTO Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Hajatan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado yang akan digelar tahun 2020 mulai memberi dampak positif secara politik. Pasalnya, jelang Pilwako masyarakat Manado mulai mengusung jagoannya untuk dimajukan dalam Pilwako.

Diantara deretan nama bakal calon Wakil Wali Kota Manado adalah Faisal Salim dan Franco Medjaja Kesuma alias Kaka Enda Ungu. Dua figur muda yang dielu-elukkan pendukungnya ini sepakat bahwa kaum muda harus mengambil peran dalam Pilwako Manado mendatang. Bagi mereka warga Manado harus dicerahkan agar memilih pemimpin Kota yang tepat.

“Kita telah sepakat, bahkan gagasan besar sama. Yakni kaum muda tidak boleh berdiam diri dalam ajang politik. Di Pilwako Manado 2020, saya dan Bung Enda satu sepakat saling menguatkan. Masing-masing kita punya peluang yang sama dalam melakukan konsolidasi dengan masyarakat. Namun, jika parpol memutuskan kita harus saling legowo,” ujar Bang Toyib sapaan akrab Faisal, Minggu (10/11/2019).

Untuk diketahui pertemuan Bang Toyib dan Enda dilakukan belum lama ini di seputaran Komo Luar Kecamatan Wenang. Mereka melakukan diskusi dengan akrab, santai, penuh canda tapi serius. Menelorkan sejumlah agenda perjuangan politik.

Ditempat terpisah, Iswadi Amali salah satu tokoh muda Sulawesi Utara memberi apresiasi atas pertemuan Bang Toyib dan Enda tersebut. Menurut jebolan FISIP Unsrat itu, kedua figur muda ini telah memberikan pendidikan politik yang baik bagi warga Manado. Menampilkan keteduhan dan kerukunan berdemokrasi.

“Kaka Enda dan Bang Toyib adalah dua sosok orang muda yg mampu menembus batas hegemoni para Tokoh Mainstream. Yang mereka berdua lakukan adalah hal-hal paling mudah dalam memantaskan diri mereka, menyentuh hati rakyat dgn langsung menyapa mereka.
Mereka berdua juga sudah memulai bagaimana berpolitik dgn cara santun, saling suport dan tdk saling menjatuhkan. Yang satu Pengusaha Muda dibidang Properti dan yg satu Musisi Nasional yg sangat sukses.
Mereka sadar betul bahwa Masa Depan Kota Manado ditangan anak muda yang berpolitik,” kata Iswadi melalui postingan Facebooknya.

Diskusi dan makan malam bersama (FOTO Suluttoday.com)

Hal senada juga disampaikan Gilang Ramadhan Hiola, Ketua tim relawan Bang Toyib. Menurut Gilang pertemuan dan kesepakatan Bang Toyib bersama Enda menjadi inspirasi bagi para politisi lainnya. Semacam peta jalan, dimana berpolitik itu harus mengedepankan kebersamaan, kata Gilang. Ia mengakui apa yang dilakukan kedua tokoh muda ini sangat positif menopang keberlangsungan demokrasi.

“Mereka Bang Toyib dan Kaka Enda memberi contoh berpolitik yang baik bagi halayak. Dari silaturahmi dan kesepakatan yang mereka lahirkan menandakan kalau praktek demokrasi harus seperti itu. Saling menopang, jangan saling mengkerdilkan dan menjatuhkan antar sesama politisi. Ditangan anak muda saya optimis Kota Manado akan lebih maju. Nasib masyarakat Kota Manado kali ini ditaruh diatas pundak generasi muda, mereka bisa menjadi keterwakilan yang layak dipilih dalam Pilwako 2020,” ucap Gilang saat diwawancarai Suluttoday.com. (*/Redaksi)

iklan1
iklan1