Tiga Cabang di Sulut Segel Kursi, Manifesto Politik KAHMI Minahasa

Ucapan Muswil dari Majelis Daerah KAHMI Minahasa (FOTO Ist)

MANADO, Suluttoday.com – Konstalasi dukungan terhadap Ketua Presidium dan system paket yang akan ditempuh dalam Musyawarah Wilayah (Muswil) Korps Alumni HMI (KAHMI) Sulawesi Utara (Sulut), Sabtu (23/11/2019) sampai Minggu (24/11/2019) terus mengalir. Terungkap para kandidat mulai mendekati Majelis Daerah (MD) Kahmi yang ada di wilayah Sulut.

Seluruh Majelis Daerah mempunya jagoan untuk dimajukan bertarung dalam Muswil IX kali ini. Tentu masing-masing MD meras layak terhadap calon Ketua yang diusung. Jumat (22/11/2019), Presidium MD Kahmi Minahasa, Sarini Tombokan menyampaikan bahwa sejumlah stok pimpinan Presidum Kahmi Silayah telah disiapkan MD Kahmi Minahasa.

“Kalau banyak calon. Itu artinya kaderisasi jalan. Namun kalau calon hanya itu-itu saja, maka itu menunjukan HMI krisis kader calon pemimpin. Kahmi Minahasa juga menyiapkan calon Ketua Presidium Kahmi Sulut,” ujar Yunda Rini sapaan akrabnya.

Rini pun menegaskan bahwa Muswil KAHMI kali ini harus menjadi bahan evaluasi internal untuk memaksimalkan peran-peran organisasi ke depannya.

“KAHMI harus menjadi wadah berhimpun para alumni HMI. Untuk itu, KAHMI juga harus menjadi salah satu jembatan distribusi kader pasca berHMI,” kata alumni Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Manado (Unima) ini berharap.

Pihaknya, urai Rini mengusulkan beberapa skema untuk tujuh presidium wilayah ke depan. Dimana, untuk Sulut ada tiga cabang penuh yaitu HMI Cabang Manado, Cabang Tondano dan Bolaang Mongondow (Bolmong).

“Ketiga cabang yang ada harus ada perwakilan alumni murninya dalam kursi presidium. Ini kunci utama,” tegasnya.

Lanjut Rini mengingatkan bahwa bonus demografi berbasis cabang tersebut tidak bisa ditawar-tawar lagi. Sebab, menurutnya, itu juga efeknya akan kembali ke masing-masing cabang.

“Iya, berarti masih ada empat kursi sisah. Kemudian tambah kursi sekum dan bendum. Kursi sisah inilah sistemnya akan lelang terbuka terbatas. Karena semua mengharapkan kaderisasi berjalan lancar. Nah, kepentingan cabang akan lebih mudah dikomunikasikan kalau ada perwakilan alumninya,” kunci Tombokan.

Ditambahkannya lagi, pihaknya juga sudah mengantongi beberapa nama baik dari alumni HMI Cabang Tondano maupun di luar. Sekedar diketahui, Muswil akan dibuka pada Sabtu hingga Minggu, (23-24/11/2019) bertempat di Molibagu, Bolmong Selatan (Bolsel).

Sejumlah nama mencuat yakni, Iskandar Kamaru, Taufik Pasiak, Ibrahim Gani, Suhendro Boroma, Abdurrahman Konoras, Idham Malewa, Suardi Hamzah, Gunawan Pontoh, Asripan Nani, Lucky Makalalag, Muhammad Burhanudin, Robbi Mamonto, Baso Affandi, Robianto S, Fadillah Polontalo dan beberapa nama lainnya. (*/Redaksi)

iklan1
iklan1