Pemberdayaan Masyarakat Masuk Prioritas Program Dandes Tombatu Dua Barat

Audi Ngantung

Tombatu Utara, Suluttoday.com – Beberapa program tengah dicanangkan Pemerintah Desa Tombatu Dua Barat, Kecamatan Tombatu Utara, Minahasa Tenggara (Mitra). Selain pembangunan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat masuk prioritas dalam perubahan anggaran dana desa tahap tiga.

Hukum Tua Desa Tombatu Dua Barat, Audi Ngantung menerangkan pasca kepemimpinanya sebagai hukum tua, ada program dan mata anggaran yang mengalami perubahan.

“Penimbunan lapangan anggarannya kita geser ke program pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan pelatihan bagi PKK dan Karang Taruna,” jelas Ngantung kepada wartawan, Rabu (04/12/2019).

Menurut Ngantung, perubahan ini untuk menghindari keterlambatan dalam proses pekerjaan penimbunan. Namun begitu, pihaknya menargetkan semua selesai tepat waktu dan tidak terjadi keterlambatan, mengingat tengah memasuki penghujung tahun anggaran 2019.

“Mempertimbangan soal waktu yang tidak akan mungkin programnya dapat diselesaikan, maka disepakati digeser ke kegiatan pemberdayaan,” tukasnya.

Ngantung mengatakan, pada tahap tiga ada juga kegiatan fisik yang akan dilakukan. Diantaranya pembuatan irigasi sepanjang 70 meter di jaga 1 dan jaga 3, serta pembuatan plat deker dengan panjang kurang lebih 70-an meter.

“Kami berupaya sebelum mengakhiri bulan Desember ini, semua pekerjaan telah tuntas,” kata Ngantung sembari mengungkapkan total anggaran tahap tiga senilai Rp. 315 juta.

Disisi lain, dirinya menambahkan, pihaknya siap mensukseskan program siskamling sebagaimana arahan Bupati James Semendap. “Pos jaga sudah kita dirikan sekaligus membuat jadwal untuk melakukan jaga malam. Demikian juga untuk lomba lampu hias menyambut Natal kami pun sangat siap,” tutupnya. (Hengly Langoy)

iklan1
iklan1