Komit Wujudkan Koalisi Keumatan Ketua PAN, PPP dan PKS Manado Bertemu

Ketua Ichal Ali, Boby Daud dan Abu Hasan (FOTO Suluttoday.com

MANADO, Suluttoday.com – Menindaklanjuti harapan umat Islam Kota Manado tentang penyatuan dan konsolidasi demokrasi di Pilwako Manado 2020. Ketua Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Manado, kembali menggelar pertemuan.

Kamis (5/12/2019), bertempat disalah satu restoran beralamat di Kecamatan Mapanget Manado, ketiga pimpinan partai yakni Boby Daud, Madzhabullah Ali dan Abu Hasan Syafi’i bertemu untuk membicarakan konsep, orientasi perjuangan, struktur serta pakta integritas politik guna menopang koalisi keumatan. Hal tersebut seperti disampaikan Boby Daud.

“Alhamdulillah kami tiga parpol yang memiliki basis pemilih terbesar umat Islam di Manado kembali bertemu. Kita punya titik kesepakatan, tidak mau mengabaikan suara dan harapan umat. Soal pembentukan poros koalisi keumatan dalam waktu dekat kita deklarasikan,” ujar Boby yang juga anggota DPRD Kota Manado ini tegas.

Senada dengan Boby, Ketua PKS Manado, Abu Hasan mengungkapkan bahwa menguatannya arus dukungan untuk dibentuknya koalisi keumatan deras mengalir. Terlahir dari beberapa kali pertemuan FGD yang dilaksanakan Aktivis Muslim Sulawesi Utara (Sulut). Para pimpinan Ormas, bakal calon Wali Kota dan bakal calon Wali Kota Manado 2020 yang hadir dalam pertemuan akbar itu juga mengapresiasi. Berkomitmen menopang terbentuknya koalisi keumatan.

“Suara umat Islam di Kota Manado harus disolidkan. Melalui pertemuan intensif yang direpresentasikan Aktivis Muslim Sulut harus segera dikonkritkan. Jangan abaikan, atau mendiamkan ekspektasi masyarakat muslim Manado yang merindukan hadirnya koalisi keumatan di Pilwako 2020. Atas semangat bersama, PKS, PAN kemudian PKS akan telah merancang draf konsep, pakta integritas atau MoU, dan menyiapkan Sekretariat Bersama. Doakan semoga dalam waktu dekat kita deklarasikan,” kata Safi’i tegas.

Sementara itu, Madzahabullah Ali menyebut pihaknya telah mempersiapkan beberapa lokasi dan tempat untuk ditetapkannya Sekretariat Bersama (Sekber). Tidak hanya itu, Ichal sapaan akrab mantan Sekretaris DPD KNPI Manado ini mengajak agar persatuan umat terus dijaga. Tambah Ichal, mengajak seluruh bakal calon untuk ambil bagian secara aktif.

“Kita telah action, baik dari menyiapkan konsep koalisi sampai dengan survey lokasi untuk ditentukan tempat Sekber. Malam ini pertemuan terakhir untuk kita matangkan semua komitmen politik keumatan tersebut. Saya, Ketua Boby dan Ketua Abu Hasan serius menggalang koalisi keumatan. Ajakan kami, kita saling menopang. Kami ajak bakal calon Wali Kota maupun bakal calon Wakil Wali Kota dari umat muslim Manado turut ambil bagian menjadi pelopor konsolidasi demokrasi,” tutur Ichal menutup. (*/Redaksi)

iklan1
iklan1