LPJ Dandes 11 Desa Hampir Rampung, Umboh Ingatkan Harus Sesuai RAB

Camat Pasan, Selvie Umboh

Pasan, Suluttoday.com – Laporan pertanggung jawaban penggunaan dana desa (Dandes) tahap dua untuk tahun anggaran 2019 hampir 100 persen rampung di 11 desa yang ada di Kecamatan Pasan, Minahasa Tenggara (Mitra).

Diungkapkan Camat Pasan Selvie Umboh, sembilan desa sementara berproses dalam rangka permintaan pencairan dandes tahap tiga. Disisi lain, dua desa lainnya masih dalam penyelesaian pekerjaan tahap dua sekaligus perampungan laporan pertanggung jawaban.

“Pencairan dandes tahap tiga sementara proses pemindah bukuan dari rekening daerah ke rekening desa. Sedangkan untuk Desa Towuntu Barat serta Liwutung Dua masih sementara menyelesaikan pekerjaan tahap dua yakni drainase tertutup dan pembangunan Sistem Pengelolaan Air Limbah (SPAL), yang masing-masingnya masuk dalam tahap dua,” ungkap Umboh, Kamis (05/12/2019).

Umboh menambahkan pihaknya terus melakukan monitoring ke desa-desa terkait pengelolaan dandes. Selain itu, disetiap rapat atau pertemuan, dirinya selalu mengingatkan juga menghimbau kepada Hukum tua dan jajarannya terkait pengelolaan dana desa harus sesuai mekanisme.

“Saya selalu mengingatkan, untuk pengelolaan dandes harus sesuai rencana anggaran biaya atau RAB, jangan melenceng. Selain itu, menjadi tanggung jawab Kumtua sebagai pengguna anggaran untuk mengawasi jajarannya disetiap proses pekerjaan dandes serta ikut juga berpartisipasi dalam rangka keterbukaan informasi,” tutup Umboh. (Hengly Langoy)

iklan1
iklan1