Program KB Khusus Pria Terus Meningkat di Mitra

Kepala DPPKB Mitra, Maya Daming

Ratahan, Suluttoday.com – Kurang lebih sekitar 50 pria yang tersebar di 12 kecamatan mengikuti program Metode Operasi Pria (MOP) yang digalakan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra).

“MOP ini adalah metode KB untuk pria dalam rangka mencegah kehamilan secara permanen. Bahasa medisnya ialah Vasektomi atau operasi kecil khusus laki-laki yang juga biasa disebut sterilisasi,” jelas Kepala DPPKB Maya Daming, Kamis (05/12/2019).

Lanjut dikatakan Daming, data yang masuk sampai saat ini, warga Kecamatan Touluaan dan Touluaan Selatan menjadi partisipan terbanyak dalam metode KB pria ini. Lagi dikatakan, rata-rata yang mengikuti program MOP ini adalah pria yang umurnya diatas 40 tahun.

“Jadi, bagi para pria yang berpartisipasi mengikuti program ini, kami pihak dinas memfasilitasi dengan membawa para peserta ke provinsi atau kita koordinasikan untuk tim medis turun langsung. Peserta MOP ini juga ditangani langsung dokter spesialis,” kata Daming.

Ditambahkannya, pihak DPPKB rutin melaksanakan sosialisasi dan penyuluhan kepada kader-kader yang tersebar di 12 kecamatan untuk terus menginformasikan program KB khusus pria ke masyarakat. (Hengly Langoy)

iklan1
iklan1