James Sumendap Putuskan Tidak Maju di Pilwako Manado, Ada Apa?

James Sumendap (FOTO Ist)

MANADO, Suluttoday.com – Konstalasi politik di kancah Pemilihan Wali Kota (Pilwako) Manado 2020 bakal memanas. Sejumlah nama dari kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mulai digembar-gemborkan akan keluar dan direkomendasi Partai berlambang Moncong Putih ini. Menariknya, James Sumendap, SH, Bupati Minahasa Tenggara (Mitra), juga Ketua DPC PDIP Mitra malah memilih jalan lain.

Politisi senior yang awalnya cukup ramai diperbincangkan dan didorong maju sebagai calon Wali Kota Manado, ternyata memberi kejutan. Saat diwawancarai Suluttoday.com, Senin (9/12/2019), melalu WhatsApp menyampaikan telah mengurungkan niat bertanding di Manado. Alasannya, Bung James sapaan akrab Sumendap dirinya masih mengabdi kepada warga Mitra.

”Setelah membaca situasi di Kota Manado dengan perhitungan matang. Jabatan saya di Minahasa Tenggara masih 3 tahun 10 bulan. Masa jabatan saya berakhir 25 September 24, sementara Pilkada serentak tahun 2024. Dari hitungan matematika jabatan saya di Kota Manado kalu menjadi Wali Kota hanya kurang dari 4 tahun. Oleh karena itu saya memutuskan tidak maju dalam hajatan pemilihan Wali Kota Manado,” ujar Bung James.

Tidak hanya itu, Sumendap menambahkan bahwa untuk kepentingan politik kedepan biarkan dinamika demokrasi berjalan sebagaimana adanya. Menurutnya saat dirinya tidak maju di Pilwako Manado bukan berarti karir politiknya akan tamat. Bung James optimis kedepan akan ada hal-hal positif yang akan dilaluinya.

”Untuk agenda politik kedepan biarlah waktu yang akan mengiringi proses politik dari hari ke hari, sampai waktu yang akan datang. Pilkada Manado bukan akhir dari sebua perjuangan, tapi ini adalah awal dalam lompatan-lompatan keatas di masa yang akan datang,” tutur Bupati Mitra dua periode ini. (*/Amas)

iklan1
iklan1