Silaturahmi ICMI Sulut, Puluhan Ahli Berkumpul Perkuat Sinergitas

Berlangsungnya silaturahmi ICMI Sulut (Foto Ist)

MANADO, Suluttoday.com – Silaturahmi pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Organisasi Wilayah Sulawesi Utara (Sulut), Senin (23/12/2019) di hotel Grand Whiz MTC berjalan penuh keakraban. Setelah penetapan pengurus inti dan pengisian komposisi struktur ICMI Sulut, yang dipimpin Prof DR Sangkertadi selaku Ketua, Dr Hamzah Latief sebagai Sekretaris dan Ir Iskandar A. Modjo, Bendahara mulai melakukan konsolidasi kepengurusan.

Selain saling memperkenalkan diri dalam silaturahmi tersebut. Terdapat banyak masukan dan saran yang berkembang yang menjadikan temu muka para cendekia muslim tersebut berjalan dinamis. Misalnya, ada masukan agar ICMI Sulut tidak saja berkutat dalam tataran gagasan dan program. Tapi bagaimana kumpulan orang-orang hebat tersebut melakukan penguatan pada aspek aktualisasi.

“Kalau berani ICMI Sulut langsung menetapkan program bangun Universitas. Saya siap sumbang 10.000 ribu buku,” kata Reiner Oentoe, memberi usulan.

Tidak hanya itu, ada juga usulan seputar menghadirkan halal center Sulut yang diprakarsai ICMI, karena disamping urgensi keumatan, juga para ahli yang tergabung di ICMI Sulut sangat mumpuni. Banyak program yang sudah berkembang sebagai bahan diskusi. Namun sebagian besar menyepakati perlunya penggarapan database sebagai dasar dalam menjalankan program.

Selanjutnya, menurut Suhendro Boroma bahwa soal kekuatan data bisa dijadikan sumber pendapatan baru dari sinergitas beragam program yang bisa menjadikan ICMI Sulut maju, berkembang dan membumi. DR Jaelani Husein, wakil ketua yang bertindak sebagai moderator langsung menggiring wacana ini untuk selanjutnya dimasukkan dalam bahasan program kerja secepatnya.

Para ahli yang hadir dalam pertemuan (Foto Ist)

Untuk diketahui, Silahturahmi yang dihadiri sekitar 50 ahli baik dari Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Universitas Negeri Manado (Unima), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado, dari unsur perbankan, kalangan profesional pers, dan peneliti dari berbagai lembaga pemerintah itu berlangsung hampir 5 jam. Acara itu juga adalah bagian dari persiapan pemantapan formasi kepengurusan untuk segera diserahkan ke pengurus ICMI pusat dalam kaitan percepatan legitimasi organisasi melalui pelantikan yang kemungkinan berlangsung Januari.

Tambahnya lagi, pengurus pun perlu memantapkan dan mempersiap diri untuk persiapan penyusunan program kerja, termasuk jadwal audensi dengan Gubernur Sulut sebelum waktu pelantikan tersebut. Ketua ICMI Sulut Prof DR Sangkertadi mengaku sangat mengapresiasi kehadiran, sambutan dan masukan yang ada.

“Saya sangat optimis, ICMI Sulut banyak melahirkan hal hal besar ke depan,” ujar Sangkertadi yang juga Wakil Rertor Unsrat ini optimis. (*/Redaksi)

iklan1
iklan1