Tonny Rawung: 2021 Proses Seleksi Pala Harus Pemilihan Langsung

Status Facebook Gregorius Tonny Rawung (Foto Ist)

MANADO, Suluttoday.com – Mulai terkuaknya intervensi dan aroma politisasi dalam seleksi calon Kepala Lingkungan (Pala) di Kota Manado menjadi perhatian masyarakat. Tidak hanya itu, elit politik di Kota Manado juga ikut memberikan pendapat, kritik serta juga menawarkan solusi perbaikan sistem seleksi Pala. Menurut Tonny Rawung, bahwa perekrutan Pala idealnya haruslah dilakuakn secara demokratis.

”Tahun 2021proses seleksi Pala hrs pemilihan langsung oleh masyarakat lingkungan.Mari berdemokrasi lebih Elegan, Manado Hebat,” ujar politisi yang bernama lengkap Gregorius Tonny Rawung, mantan calon Wakil Wali Kota Manado itu di Akun Facebooknya, Minggu (29/12/2019).

Postingan mantan anggota DPRD Kota Manado itu pun mendapat beragam tanggapan. Dukungan dan perbedaan persepsi mengalir melalui konten komentar dari status tersebut. Memperkuat argumentasinya, Tonny menuturkan skema perekrutan Pala yang terbuka lebih sesuai dengan spirit reformasi birokrasi dan keterbukaan informasi publik. Jauh dari kompromi dan politisasi.

”Harus lebih maju dan transparan untuk Manado lebih baik. Tidak butuh anggaran besar. Bahkan, konsep ini memberi ruang lahirnya partisipasi masyarakat dan swadaya. Lebih penting lagi, rentetan intervensi politik dapat dipangkas,” tegas Tonny yang juga Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Manado ini.

Foto yang disertakan dalam postingan Tonny Rawung, Arthur bersama peserta seleksi Pala (Foto Ist)

Menariknya, dalam postingan tersebut disertakan foto sejumlah Panitia Seleksi (Pansel) Pala dan anggota DPRD Kota Manado. Keberadaan Arthur Rahasia, selaku anggota DPRD dari Partai Nasdem kelihatan dominan, dari tiga foto. Dua diantaranya menampilkan wajah Arthur. Bahkan, hiruk-pikuk di sejumlah rumah kopi mengkhawatirkan jangan sampai Pala yang terpilih adalah titipan dari para anggota DPRD Nasdem Kota Manado. Sehingga dapat mengganggu netralitas, dan konsentrasi dari kerja Pala nantinya karena disibukkan beban politik di Pilwako Manado. (*/Redaksi)

 

iklan1
iklan1