KEK Pariwisata Likupang, Kado Gubernur OD untuk Masyarakat

Dino Gobel usai mengikuti kegiatan (Foto Ist)

Oleh : Dino Gobel

Salam Pesona Indonesia
Satu lagi hasil kerja penuh kekompakan duet kepemimpinan Sulut, ODSK, untuk masyarakat dan daerah tercinta ini. Yah, hasil tersebut adalah resmi disahkannya kehadiran Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang.

Hal ini terungkap pada acara penyerahan Salinan Peraturan Pemerintah (PP) no 84 tentang KEK Pariwisata Likupang oleh Kemenko Bidang Perekonomian (KBP) di Jakarta pada Senin, 6 Januari 2020. Penyerahan dilakukan Sekretaris KBP Susiwijono bersama para deputi Kemenko BP. Selain Likupang, ikut diserahkan juga salinan PP 2 KEK lainnya yakni, KEK Kendal di Jawa Tengah dan KEK Singosari di Jawa Timur.

Secara pribadi saya yang mengikuti persis perjuangan ODSK menghadirkan kawasan ini dari awal, ikut haru. Sebab tak gampang perjuangan membangun KEK, apalagi Kawasan Khusus pariwisata.

Namun, kekuatan lobi Pak OD ditambah kekompakan tim Pemprov dan sinerjitas penuh yang terbangun dengan para pengusaha serta pemkab Minahasa Utara, walhasil KEK Likupang pun diresmikan kehadirannya. Meski sebenarnya SK PP 84 sudah terbit sejak 10 Desember 2019 lalu.

Banyak manfaat positif yang akan dirasakan masyarakat dengan hadirnya KEK ini. Pertama, di kawasan ini akan dibangun aneka macam fasilitas bisnis pariwisata seperti hotel, resort hingga water sport dan beragam jasa wisata lainnya. Pun serapan turis asing ke kawasan ini pun ditargetkan mencapai 400 ribu orang per tahun. Belum lagi tenaga kerja yang akan diserap mencapai ribuan orang. Masyarakat Likupang dan Kab Minahasa Utara sekitar nya diharapkan akan paling merasakan dampaknya.

Bahkan turis yang akan hadir di KEK ini juga akan meluber melakukan traveling ataupun eksplore ke destinasi lain di Sulut, mulai ke wilayah Bolmong Raya hingga ke Utara, Sitaro, Sangihe dan Talaud.

Ibu Paquita Wijaya selaku operator KEK Pariwisata Likupang dari PT Minahasa Tourism Resort Development menjelaskan kalau investor asing dan nasional siap mulai membangun di tahun 2020 dengan anggaran ratusan miliar. Dan targetnya, 2023 sudah bisa running, kata perempuan cantik ini dalam presentasi saat itu.

Kadis Pariwisata Prov Sulut Bapak Henry Kaitjily pun menambahkan, oleh Pak Gubernur Olly Dondokambey, KEK Likupang akan ditargetkan menjadi tuan rumah pelaksanaan pertemuan KTT G20. “Akan banyak manfaat yang mensejahterakan masyarakat dan memajukan daerah dari kehadiran KEK Pariwisata Likupang,” kata Wagub Steven Kandouw. “Pengesahan KEK Likupang sungguh merupakan kado istimewa taong baru Pak Gubernur Olly buat rakyat Sulut,” lanjut Wagub.

Sekretaris Kemenko Bidang Perekonomian, Susiwijo Moegiarso sendiri mengatakan optimisme kehadiran kek Likupang dan akan mendukung rencana Gubernur Olly akan menjadikan Likupang sebagai tuan rumah KTT G20 di tahun 2023 nanti.

So, masyarakat Sulut. Mari dukung penuh kehadiran sekaligus akan dimulainya pembangunan KEK Pariwisata Likupang yg akan menyerap ribuan tenaga kerja dan hadirkan banyak manfaat positif. Dukung terus gebrakan dan inovasi tiada henti ODSK untuk rakyat Sulut tercinta.
Salam #SulutHebat

#ODSKlanjutkan
#SulutProvinsiGerbangPasifik
#ODSKkerjabuatSulut

 

Penulis adalah Staf Khusus Gubernur Sulawesi Utara

iklan1
iklan1