Aksi Kemanusiaan, IPM Manado Galang Dana Bencana Sangihe

Penggalangan dana IPM Manado (Foto Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Bencana banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara, Jumat (3/1/2020) mengakibatkan sejumlah warga kehilangan rumah akibat rusak dan hanyut. Sementara itu tiga orang meninggal akibat bencana alam tersebut dan satu orang sudah berhasil dievakuasi sementara dua korban masih dalam proses evakuasi karena tertutup longsor.

Dampak bencana ini kemudian menggugah sejumlah pelajar yang tergabung dalam Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Manado untuk penggalangan dana korban bencana Sangihe.

Suasana penggalangan dana IPM Manado dibeberapa titik (Foto Suluttoday.com)

Syafika Ngau selaku Ketua Bidang Organisasi Pimpinan Daerah IPM Manado menjabarkan sejak selasa 7 hingga Jumat 10 Januari 2020 IPM Manado melakukan penggalangan dana bencana banjir disejumlah titik diantaranya Zero Point, jalan protokol depan IT Center, TKB, ruas jalan perempatan depan gereja sentrum, dan depan sekolahan Don Bosko Manado.

“Kami real melakukan ini sebagai bentuk solidaritas kami dan kemanusiaan mengingat dampaknya sangat besar bagi saudara kita di Sangihe,” kata Fika sapaan akrab Syafika ketika diwawancarai wartawan Suluttoday.com, Jumat (10/1/2020).

Apalagi menurut Syafika ada 174 KK terisolasi saat bencana tersebut akibat jembatan yang rusak dan sejumlah 351 orang yang mengungsi. Hal itu menuai perhatian dan keperihatinan IPM Manado untuk sama-sama saling membantu.

Orasi ajakan membantu warga Sangihe (Foto Suluttoday.com)

“Total Rp 4.679.000 juta yang kami kumpulkan dan rencananya bantuan akan salurkan melalui Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) yang merupakan lembaga penanggulangan bencana Muhammadiyah. Namun akan kami rapatkan lagi apakah bentuk bantuannya sembako atau uang saja pastinya akan disesuaikan dengan kebutuhan,” kata Syafika.

Doa bersama sebelum menggelar penggalangan dana (Foto Suluttoday.com)

Tidak hanya itu, Fika menambahkan, nantinya akan dirapatkan apakah bantuan yang akan diberikan berbentuk dana tunai atau berupa barang fisik yang menjadi kebutuhan para korban bencana.

“Saya bersama teman-teman IPM Manado lainnya juga berdoa agar saudara kita di Sangihe tetap kuat dan terus semangat karena IPM bersama Sangihe,” ujarnya yang diaminkan pengurus IPM lainnya. (*/Am)

Penuh antusias, IPM Manado galang dana bantuan (Foto Suluttoday.com)

iklan1
iklan1