Camat Singkil: Musrembang Kelurahan Harus Memperhatikan Prioritas

Zainal Naway (Foto Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Tingkat Kelurahan mulai dilakukan di Kota Manado. Senin (20/1/2020), Camat Singkil Kota Manado, Zainal Naway saat ditemui di ruang kerjanya menyampaikan bahwa pentingnya pemerintah Kelurahan, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan tokoh masyarakat bersama tokoh agama memanfaatkan Musrembang dengan sebaik-baiknya.

”Saya baru saja selesai turun di Kelurahan yang melaksanakan Musrembang, membuka dan memberikan arahan. Tentu mengingatkan stakeholder terkait yakni LPM dan tokoh masyarakat, tokoh agama yang terlibat bersama pemerintah Kelurahan agar tidak menyiayakan pelaksanaan Musrembeng Kelurahan. Karena prosedurnya berjenjang, maka silahkan memaksimalkan kesempatan itu dengan membahas program prioritas di Tingkat Kelurahan,” ujar Naway.

Mantan Lurah yang berkeliling di beberapa Kelurahan itu menyebutkan bahwa sektor program utama di tengah masyarakat jangan sampai luput dibahas dalam forum Musrembang. Akomodasi segala masukan, yang kemudian, tambahnya akan dibahas pada tingkatan di atasnya. Birokrat yang murah senyum dan akrab dengan jurnalis itu menilai sejauh ini pelaksanaan Musrembang berlangsung dengan demokratis sehingga perlu terus dioptimalkan.

”Kita mengharapkan agar segala keluhan atau aspirasi masyarakat terkait proses pembangunan fasilitas publik, dapat terakomodir dalam Musrembang. Jangan sampai ada usulan prioritas yang dilewatkan, dan kesan mengabaikan usulan-usulan tertentu. Saya patut mengingatkan juga soal keseriusan pihak-pihak yang ikut dalam Musrembang, harus ada progres tiap tahunnya. Yang dimulai dari tahapan perencanaan, sampai pada implementasi nantinya,” kata Naway.

Selain itu, Naway juga menghimbau agar partisipasi aktif dari masyarakat demi terwujudnya Manado yang aman dan tenteram terus dibangun. Lanjut disampaikannya, perihal pelayanan Kamtibmas dan kebersihan perlu mendapat perhatian masyarakat Singkil saat ini. Kesadaran untuk mendorong agar laju pembangunan terus bergerak, perlu terus-menerus digelorakan. (*/Am)

iklan1
iklan1