RICHARD SUALANG: Bersama Berjuang, Bekerja, Menang

Richard Sualang (Foto Ist)

Slogan yang sederhana diusung Bung Richard Sualang, Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Kota Manado yakni ‘’beRSama berjuang, bekerja, menang’’ merupakan diksi yang padat berisi. Maknanya cukup luas, filosofis dan memiliki spirit perjuangan politik yang tinggi. Bung Richard yang digadang-gadang maju sebagai calon Wali Kota Manado ini dikenal sebagai potret politisi yang tenang, konsisten memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Politisi yang santun dan berintegritas ini begitu ulet, pantang menyerah. Kader militan partai berlambang Moncong Putih itu tidak pernah menjadi pengecut, terbaca Bung Richard juga menjadi pelopor dalam gerakan politik yang menjunjung tinggi kemanusiaan, pluralisme. Jika kita membaca literatur-literatur ilmiah pun menjelaskan banyak hal soal perjuangan dan prinsip politik dari para politisi. Kali ini saya tertarik membicarakan jargon Bung Richard.

Bersama berjuang, bekerja dan menang merupakan integrasi yang lengkap. Dimana pengaturan tentang orientasi perjuangan atau usaha mewujudkan cita-cita harusnya diawali dan dilandasi dengan pemikiran yang komprehensif seperti dengan gerak kebersamaan. Bahwa dari gerakan kolektiflah, membuat sesorang menang, menggapai tujuan itu, kemudian memberdayakan, memperjuangkan, dan menjalankan amanah tersebut dengan bersama-sama.

Gagasan besar dan merakyat itu juga disampaikan Bung Richard dalam baliho kampanye. Politisi nasionalis ini rupanya benar-benar terpapar sebagai publik figur yang toleran, anti terhadap gerakan politik anarkisme. Kemauan dan kebesaran hatinya dalam mengakomodir beragam kepentingan yang mesti kadang berseberangan dengan kepentingan politiknya, membuat ia kian dicintai masyarakat.

Bung Richard tak mau terbentur dengan kepentingan-kepentingan parsial yang kemudian merugikan masyarakat. Dengan semangat mengajukan slogan bersama berjuang bekerja menang itulah Bung Richard kian kokoh pendirian politiknya untuk mengabdi di atas kepentingan semua golongan masyarakat. Bung Richard mengistimewakan gerakan bersama, baginya kunci dari keberhasilan membangun masyarakat ialah dengan memperkuat kebersamaan.

Dalam sejumlah kesempatan, Bung Richard tak lelah berujar bahwa melalui kebersamaan hal-hal besar yang menjadi tugas dan pekerjaan akan dapat dituntaskan. Kesadarannya memilih tema perjuangan itu juga menjadi penanda kalau figur yang satu ini bukanlah politisi abal-abal. Ia bukan politisi jadi-jadian, melainkan politisi yang matang. Bung Richard juga mapan dalam berfikir dan bertindak sistematis.

Dari berjuang bersama, maka kejayaan dan kesuksesan bersama akan diraih, kata Bung Richard. Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara itu mengerti betul kultur masyarakat Kota Manado, atas pengetahuannya yang utuh itu, membuat Bung Richard serius menyiapkan diri, mental dan waktunya total akan diberikan kepada masyarakat. Politisi yang satu ini memahami betul tentang kedaulatan yang diberikan masyarakat harus dibalas dengan apa.

Kota Manado sebagai miniatur Indonesia, bagi Bung Richard harus dimaksimalkan betul dan dirawat kerukunannya. Sumber daya manusia juga menjadi salah satu bagian penting yang perlu ditingkatkan, inilah yang menjadi perjuangannya kedepan. Bung Richard menilaian pergumulan masyarakat Kota Manado saat ini masih ada, sehingga perlu dicarikan solusinya secara serius. Gambaran besar Kota Manado yang begitu majemuk masyarakatnya menjadi potensi luar biasa dan keunggulan yang penting dalam memajukan masyarakat. Perlu diikat rapi, ditata ulang, diperkuat demi memajukan masyarakat.

Keteladanan merupakan legacy atau warisan bagi masyarakat disebut Bung Richard harusnya mendapat pemeliharaan. Dirawat dan dibumikan tanpa harus membeda-bedakan siapa yang menjadi pemimpin atau siapa yang menjadi masyarakat. Politisi yang berwawasan luas, tapi santun ini mengharapkan pembangunan Kota Manado yang berbasis pembangunan berkelanjutan bersifat terkoneksi dari pemerintah Kota dan pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

Politisi muda energik itu mengingatkan agar para politisi dapat mengendalikan pikirannya sendiri. Tujuannya adalah melahirkan dinamika demokrasi yang sejuk. Tidak bermain dalam ruang polarisasi dan saling jegal kepentingan. Manado Maju merupakan pilihan yang paling penting dalam menjawab kegelisahan dan kebutuhan warga Kota Manado saat ini. Modal untuk melakukan itu tentu dengan persatuan politik, solid untuk bergerak.

 

____________________

Oleh : Amas Mahmud
Jurnalis dan Sekretaris DPD KNPI Manado
iklan1
iklan1