Usai Turlap Komisi, Lucky: Proyek Jaringan Air Bersih Belum Ada Tanda-Tanda Selesai

Komisi III DPRD Manado saat melakukan Turlap (Foto Istimewa)

MANADO, Suluttoday.com – Memastikan pembangunan fasilitas publik dengan menggunakan anggaran pemerintah berjalan lancar, Rabu (26/2/2020), Komisi III DPRD Kota Manado, melakukan Turlap (Turun lapangan) di daerah Pandu. Kali ini pihaknya mengawasi pembangunan proyek Jaringan air bersih dari pandu ke perumahan. Agenda tersebut juga merupakan tindak lanjut dari tugas DPRD Kota Manado.

Lucky Datau, anggota Komisi III DPRD Kota Manado saat ditemui Suluttoday.com, setelah dilakukannya Turlap menyebutkan bahwa proyek yang bernilai miliaran rupiah itu sepertinya akan mengalami kendala penyelesaian pembangunan. Walau begitu, Lucky yang juga politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini memberi support kepada pihak kontarktor dan instansi terkait agar memaksimalkan waktu agar tidak melewati deadline yang ditetapkan.

”Anggaran dari proyek Jaringan Air Bersih ini nilai kontraknya Rp.10.579.000.000 (Sepuluh Milyar lima ratus tujuh puluh sembilan juta), lelaksana : PT. Abadikarya Andhika. Kami melihat fisik dari progres pelaksanaan dilapangan, masih lambat pembangunannya. Proyek yang katanya di targetkan selesai tanggal 3 Maret 2020 ini, per tanggal 26 Februari 2020 saat kami turun meninjau lokasi, belum menunjukkan tanda-tanda selesai,” ujar Lucky.

Tempat penampungan air yang belum terpasang (Foto Istimewa)

Dalam Turlap yang dipimpin langsung Ketua Komisi III DPRD Kota Manado, Ronny Makawatak itu juga didampingi Lily Binti selaku Wakil Ketua, Royke Anter Sekretaris Komisi. Lucky Datau menyebutkan ada juga anggota Komisi yakni Jeane Sumilat dan Jurani Rurubua. Pihaknya bersepakat akan mengundang instansi terkait untuk menggelar Rapat Dengar Dendapat (RDP).

”Kami akan melakukan hearing bersama SKPD terkait untuk meminta keterangan mengenai proyek tersebut. Sangat tindak mungkin selesai tepat waktu proyek tersebut, kami temui di lapangan kemarin pekerja saja hanya 5 orang. PPK menyampaikan kerja 24 jam. Nah, kalender kerja dari proyek ini 120 hari kerja dimulai dari September 2019, harusnya Januari 2020 sudah selesai. Dan setelah hearing kami akan balik lagi melakukan Turlap,” kata Lucky tegas.

Kondisi galian untuk pipa air bersih (Foto Istimewa)

Untuk diketahui, proyek ini berada dibawah kewenangan pemerintah Kota Manado melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Lokasi pengerjaan proyek di relokasi Kelurahan Pandu, merupakan program Penanganan dan Pemulihan Bencana dengan menggunakan sumber dana APBD 2019. (*/Amas)

iklan1
iklan1