RICHARD SUALANG: Berbeda Itu Kawan

Ajakan ODSK (Foto Istimewa)

MANADO, Suluttoday.com – Tidak semua politisi memikirkan tentang keutuhan demokrasi. Kita dapat menyaksikan itu dari diksi, kampanye maupun praktek-praktek merusak demokrasi dilakukan. Berbeda dengan watak seperti itu, dr Richard Sualang, Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kota Manado malah memberikan edukasi politik kepada masyarakat Manado saat menatap agenda Pilkada Serentak 2020.

Richard yang saat ini sebagai anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) itu mengajak masyarakat luas, tidak hanya konstituennya untuk berpolitik dengan penuh kegembiraan. Menurut Richard berbeda dalam pilihan dan sikap politik itu hal biasa dalam konteks berdemokrasi, ia bahkan menyebut pebedaan sebagai suatu bagian dari perkawanan.

”Berbeda itu kawan. Jangan saling bermusuhan, jangan saling menebar hoax untuk meraih kemenangan. Kita harus dewasa berpolitik, berkomitmen memperkuat demokrasi dengan sikap tatak rama. Baik politisi dan masyarakat sama-sama saling merangkul. Kemudian, tetap tenang dan mendukung pemerintah ODSK untuk warga Sulawesi Utara,” ujar Richard, Jumat (28/2/2020) saat diwawancarai Suluttoday.com.

Politisi yang juga terlahir proses sebagai aktivis mahasiswa itu menyampaikan jika semua masyarakat melakukan praktek politik dengan kesantunan, maka langkah awal melakukan perubahan akan berjalan baik. Richard tak mau terjebak pada pemahaman politik yang parsial. Politisi yang dikenal berwawasan nasionalis itu mengajak agar masyarakat terlihat aktif menyukseskan Pilkada Serentak 2020, termasuk memilih pemimpin yang hebat dan punya visi menyatukan masyarakat.

”Mari kita bangun narasi politik yang menyejukkan masyarakat. Perkuat kerukunan, jaga kebersamaan. Pembangunan di daerah ini akan berjalan lancar dan sukses manakala diawali dengan proses berdemokrasi yang penuh dengan pikiran positif. Kebersamaan itu perlu ditamakan, jangan memahami politik secara sempit. Terutama kita-kita yang notabenenya politisi, ayo rangkul serta ajari masyarakat untuk berpolitik santun, kita sukseskan Pilwako Manado dan Pilkada Serentak 2020 di Sulawesi Utara. Jangan lupa pilih pemimpin yang telah teruji, bersatu kita maju dan menang. Kita pilih pemimpin hebat,” kata Richard yang juga digadang-gadang maju sebagai calon Wali Kota Manado ini.

Richard juga mengingatkan agar sesama politisi jangan saling memukul, melainkan saling merangkul. Baik politisi yang searah kepentingan politik, maupun yang beroposisi, bagi Richard kontestasi politik mestinya dimaknai sebagai proses berkawan. Tak ada lawan dalam politik, melainkan hanya kawan. Sehingga pentingnya sama-sama saling menguatkan untuk mewujudkan pembangunan. (*/Amas)

iklan1
iklan1