Tingkatkan Sinergitas, WAWALI MOR: Sukseskan Gerakan Manado Bakobong

Wali Kota dan Wawali Manado saat acara launching (Foto Istimewa)

MANADO, Suluttoday.com – Jumat (28/2/2020), dilangsungkannya launching program Gerakan Marijo Bakobong yang digagas pemerintah Kota Manado melalui Dinas Pertanian Kota Manado berjalan lancar. Kegiatan yang dipusatkan di Kelurahan Buha Kecamatan Mapanget Kota Manado itu dihadiri Wali Kota, Dr. GS Vicky Lumentut dan Wakil Wali Kota (Wawali) Manado, Mor Dominus Bastiaan, SE.

Mor Bastiaan saat diwawancarai media ini menyampaikan bahwa gerakan ini merupakan sinergitas antar lembaga di daerah untuk bersama-sama memajukan pertanian, dengan mengambil peran sebagai Pimpinan Daerah untuk menggerakkan penyuluh pertanian, petugas lapangan lainnya, petani dan pelaku usaha dalam pembangunan pertanian.

”Gerakan Manado Bakobong perlu disukseskan. Tentunya ini bagian dari program sinergitas dari pemerintah Kota Manado dengan pemerintah pusat. Termasuk, meningkatkan peran pemimpin non formal kemasyarakatan seperti KTNA, Kelembagaan Petani, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Asosiasi, Organisasi Profesi, dan lain-lain dalam pembangunan pertanian,” kata Mor yang juga kader Partai Demokrat Sulawesi Utara (Sulut) ini.

Wawali Mor Bastiaan saat mengendarai alat berat (Foto Istimewa)

Wawali yang dikenal murah senyum itu mengatakan soal pentingnya program ini dilauching agar memacu dan meningkatkan kesadaran warga Manado untuk menanam. Selain itu, tambah Mor menyebut kesinambungan program sangat diperlukan dalam skala pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

”Bawasannya kita sedang swasembada dibidang pertanian dan ada beberapa Hasil Pertanian yang sedang dikejar, melalui Gerakan yang nanti kita ikuti bersama yang disebut dengan “Kostra Tani” Komando Strategi Tani. Meskipun Manado bukan daerah pertanian, tapi kita harus mendukung Gerakan Ini dengan pemanfaatan lahan-lahan kosong untuk menghasilkan bermacam-macam tanaman pertanian sehingga bisa menopang perekonomian kerakyatan nantinya,” ujar Mor sambil mengajak warga Manado ”marijo bakobong” atau mari berkebun. (*/Amas)

iklan1
iklan1