SUALANG: Siapa yang Menanam, Dia Akan Menuai

Richard Sualang giat bersama kader PDI Perjuangan Kota Manado (Foto Istimewa)

MANADO, Suluttoday.com – Gerakan Mencintai Bumi yang dicanangkan DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kota Manado yang dilaksanakan beberapa Minggu lalu sebelum pemerintah Kota Manado melakukan lauching Gerakan Manado Bakobong, rupanya terus disuarakan Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Manado, dr. Richard Sualang.

Bung Richard begitu sapaan akrab politisi muda energik ini menyebutkan bahwa ajakan menanam bermakna universal. Legislator yang kini namanya masuk dalam bursa calon Wali Kota Manado itu menyebut untuk konteks memelihara mencintai bumi merupakan jalan yang mulia dilakukan, diantaranya ialah dengan cara melestarikan alam dan menanam demi kepentingan masa depan. Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) berharap kesedaran masyarakat tergerak dengan ketukan Gerakan Mencintai Bumi.

‘’Siapa yang menanam dia akan menulainya. Kemudian, dalam arti yang komprehensif gerakan menanam atau mencintai bumi akan memberi dampak positif pada kita sebagai manusia yang turut melestarikan bumi. Jangan diabaikan kebiasaan mencintai alam, dari cara menanam kemudian kedepan untuk jangka waktu yang panjang akan dirasakan manfaatnya oleh anak cucu kita,’’ ujar Bung Richard, saat diwawancarai Suluttoday.com, Minggu (1/3/2020).

Dalam konteks pembangunan pun begitu, tambah Richard, jika manusia membiasakan diri menanam kebaikan, maka yang dituainya lagi adalah kebaikan. Semangat menanam perlu ditularkan, perlu dibiasakan, sehingga menjadi tradisi agung bagi manusia. Mantan Wakil Ketua DPRD Kota Manado itu mengajak agar kader PDI Perjuangan Kota Manado menjadi pioneer dalam gerakan menanam tersebut. Apalagi semangat pencanangan ini diprakarsasi Presiden Indonesia, Ir. Joko Widodo.

Gerakan mencaintai bumi yang diprakarsai DPC PDI Perjuangan Manado belum lama ini (Foto Suluttoday.com)

‘’Ketika kebiasaan positif seperti menanam ini menjadi gaya hidup, dan tradisi yang kita lakukan terus. Hal ini otomatis memberi dampak positif pada lingkungan pergaulan kita sehari-hari. Prinsipnya manakala kita menanam kebaikan, yang kita petik juga adalah kebaikan. Begitu pula sebaliknya. Bayangkan saja dampaknya akan begitu luar biasa, jika kita menanam kebaikan. Itu sebabnya, selaku politisi dan Ketua Partai Politik di Kota Manado saya mengajak kita semua memulai menanam, terutama bagi kader-kader PDI Perjuangan, ayo bergerak bersama, sukseskan apa yang menjadi kampanye dan program Pak Presiden Jokowi,’’ tutur Bung Richard menutup. (*/Amas)

iklan1
iklan1