Untuk Manado Maju, RICHARD Bawa Konsep Manajemen Sampah Zero

Richard Sualang (Foto Istimewa)

MANADO, Suluttoday.com – Beberapa program strategis secara umum telah disampaikan dr. Richard Sualang di sejumlah media massa. Politisi yang dikenal visioner itu ternyata memiliki perhatian pada persoalan persampahan di Kota Manado. Sualang rupanya tidak mau masok area yang berpolemik yakni pengadaan incinerator, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Manado itu malah mengajukan konsep manajemen sampah zero.

”Menjadi pemimpin tidak harus minim gagasan. Saya memiliki cita-cita terutama dalam mewujudkan lingkungan hidup yang bersih di masyarakat, yaitu Gerakan Mencintai Bumi yang dicanangkan Ibu Megawati Soekarnoputri secara nasional, dan saya terjemahkan salah satunya dalam manejemen sampah zero,” kata Sualang, politisi vokal yang dinilai layak maju sebagai calon Wali Kota Manado 2020 ini.

Relevansi program dan pembangunan yang bersifat sinergis, tambah Sualang sangat diperlukan di Manado. Perkembangan Kota Manado yang terus meningkat juga akan disusul dengan kompleksitas permasalahan, diantaranya menyangkut sampah. Sehinggat anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ini menyebut perlu penanganan serius dan profesional.

”Kuncinya pada sistem yang matang. Bukan tiba saat tiba akal dalam pengelolaan sampah di Kota Manado. Kemudian prinsip pembangunan itu harus diselaraskan, diperlukan sinergitas dan saling menopang. Kota Manado ke depan dalam urusan mengelola sampah kita perlu sistem yang kuat dan profesional agar pemerintah daerah benar-benar serius melakukan perbaikan atau penataan disektor pengelolaan persampahan. Bagaimana kita punya kemampuan mengatur, mengelola dan mengolah seluruh sampah dengan teknologi yang ramah lingkungan dan menjadikannya produk yang memiliki nilai ekonomis tinggi,” ujar Sualang, pada Suluttoday.com, Rabu (11/3/2020).(*/Amas)

iklan1
iklan1