Usai Melantik Pengurus DMI Mitra, Herson Mayulu Buka Kegiatan MTQ

Hi. Herson Mayulu, S.IP saat melantik pengurus DMI Mitra (Foto Istimewa)

MANADO, Suluttoday.com – Kesibukan wakil rakyat yang padat, tak membuat Hi. Herson Mayulu, S.IP (H2M) lupa akan amanah yang diembannya selaku Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Mantan Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) itu, Jumat (13/3/2020) menyiapkan waktu dan hadir melantik pengurus DMI Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra).

Dalam sambutannya, H2M yang juga anggota Fraksi PDI Prjuangan di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) ini meminta pengurus yang baru dilantik agar bekerja maksimal dalam menjalankan program organisasi. DMI harus bekerja kompak dan mampu bersinergi secara lintas sektoral, terutama dalam tugas pelayanan Dakwahnya.

‘’Banyak selamat bagi pengurus DMI Kabupaten Minahasa Tenggara yang secara resmi dilantik. Saya mengajak dan meminta segenap pengurus solid, bekerja merealisasikan program yang ditetapkan. Mari kita kembangkan sinergitas. DMI dan LPTQ misalkan bersama membantu pemerintah daerah guna melakukan pembinaan terhadap umat. Diantaranya yang penting adalah bagaimana memakmurkan Masjid,’’ ujar H2M, mantan Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bolsel ini.

Para undangan tumpah-ruah hadir (Foto Istimewa)

Tidak sekedar itu saja, H2M menyebut Masjid juga harus berfungsi sebagai basis dan instrumen pertahanan keamanan negara. Itu sebabnya, pengurus DMI Mitra perlu memahami betapa staretgisnya peran merek dalam menangkal radikalisme, dan mewujudkan kondisi sosial kemasyarakat yang rukun.

“Jika benar-benar DMI di seluruh Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara menjalankan tugasnya menjadikan Masjid sebagai basis dan instrument menangkal gerakan radikalisme, salah satunya, maka kita telah bersinergi dengan pemerintah. Kita ikut memberi solusi atas hidupnya gerakan intoleransi dengan cara-cara yang rukun dan damai. Bahwa seperti itulah Masjid harus diisi dan disemarakkan dengan kegiatan-kegiatan keumatan yang bermanfaat yang dilakukan oleh anak-anak  sampai orang dewasa,” kata H2M politisi PDI Perjuangan ini tegas.

Penyerahan pataka, bertanda pengurus DMI Mitra resmi dilantik (Foto Istimewa)

Setelahnya, H2M lanjut membuka kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) di Mitra. Disampaikannya, harus berjalan sukses dan melahirkan visi seperti yang termaktub dalam tujuan kegiatan tersebut. Selain itu, H2M mengapresiasi sistem penilaian yang menurutnya sudah menggunakan Standar Nasional dan Dewan Hakim-nya terdiri dari orang orang yang berintegritas.

“Sekarang di tingkat Kabupaten/Kota MTQ digelar, mari kita sukseskan bersama. Khususnya di Kabupaten Minahasa Tenggara ayo wujudkan kompetisi yang terbaik agar dapat meraih juara. Untuk yang mendapatkan juara jangan jumawa dan yang kalah jangan kecewa. Jadikan MTQ ini sebagai sarana membangun persaudaraan,” kata Mayulu, Anggota Komisi V DPR RI.

Pembukaan MTQ Kabupaten Mitra disampaikan Hi. Herson Mayulu (Foto Istimewa)

Selanjutnya, politisi senior itu melakukan Peletakan Batu pertama untuk pembangunan MTS Cokroaminoto di Desa Ratatotok. Setelahnya, bersama rombongan H2M melaksanakan Sholat Jumat di Masjid Baitul Salam Kecamatan Ratatotok.

Kehadiran H2M di acara pelantikan DMI Mitra dan pelaksanaan MTQ di Kabupaten Mitra didampingi Wakil Bupati Yesaya Oscar Legi, Ketua DMI Atlie Kontur, Kepala Kemenag Sutarji Adipati, Ketua MUI Abdul Kahar Sampage, jajaran Pemerintah Kabupaten dan juga tokoh-tokoh umat muslim Mitra. Masyarakat yang hadir pun ikut memberi apresiasi kehadiran wakil rakyat masyarakat Sulut di Senayan ini.

Sambutan Hi. Herson (Foto Istimewa)

Rangkaian kegiatan ini dilakukan bersamaan dengan agenda Reses masa Persidangan II, sebagai Anggota Komisi V DPR RI. H2M tak henti-hentinya mengajak masyarakat untuk meningkatkan partisipasi pembangunan, warga Mitra lanjutnya harus merawat kemitraan strategis dengan pemerintah. (*/Amas)

iklan1
iklan1