WAWALI Manado Ingatkan Masyarakat Jangan Panik Antisipasi Corona

Wawali Manado, Mor Dominus Bastiaan (Foto Istimewa)

MANADO, Suluttoday.com – Gencarnya informasi di media sosial terkat virus Corona, tak terasa mulai melahirkan keresahan di masyarakat. Pemerintah Kota Manado, melalui Wakil Wali Kota (Wawali) Manado, Mor Dominus Bastiaan, SE, menghimbau masyarakat agar tetap tenang, tidak panik.

“Melihat situasi saat ini saya menghimbau kepada masyarakat untuk waspada dan tidak panik. Hindari dulu tempat keramaian atau kerumunan, Biasakan pola hidup bersih. Menunda perjalanan keluar negeri, jika merasa kesehatan terganggu memeriksa ke Puskesmas terdekat. Petugas puskesmas siap membantu. Melaporkan ke pemerintah apabila ada informasi yang berkembang di masyarakat ataupun keadaan darurat bisa menghubungi Call Center Manadosiaga 112,” ujar Wawali Mor Bastiaan, Sabtu (14/3/2020).

Tambahnya lagi bahwa Indonesia memiliki banyak keunggulan yang mungkin tidak dimiliki oleh banyak negara lain. Iklim tropis salah satinya, saat ini kita sudah mulai masuk musim panas dengan rerata suhu di atas 26°C dengan humidifikasi yang rendah, menjadi keuntungan yang bisa diharapkan menurunkan tingkat virulensi Covid-19, sebut Wawali Mor. Sehingga mandi matahari selama 15-30 menit bisa juga menjadi rekomendasi pencegahan dan penguatan pencegahan.

Tidak hanya itu, lanjut Wawali Mor mengatakan ketika kita mengutip situs resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), masker akan efektif jika dikombinasikan dengan rutinitas mencuci tangan. Cuci tangan sesering mungkin sebelum makan atau setelah makan, setelah selesai beraktivitas dengan menggunakan air mengalir dan sabun selama 30 detik ataupun menggunakan cairan pembersih selama 20 detik dianggap sudah mampu mengeradikasi agen virus ini.

“Lakukan juga aktivitas fisik teratur termasuk olahraga dan manajemen stres, termasuk tidur yang cukup,” tutur Wawali.

Semua itu, tamnahnya, dapat kita harapkan pada akhirnya menjadi poin-poin penguat seluruh lapisan masyarakat di Kota Manado untuk mengantisipasi berkembangnya virus Covid-19.

“Akhir kata, mari kita tetap bawa selalu didalam doa kepada Tuhan YME untuk dihindarkan dari segala perkara. Amin,” kata Mor Bastiaan. (*/Amas)

iklan1
iklan1