MANTOW Pantau Pembelajaran Online di Madrasah se-Kota Manado

Hi. Usran Mantow memastikan berjalannya proses pengawasan online (Foto Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Surat Edaran yang dikeluarkan pimpinan Kementerian Agama Wilayah Sulawesi Utara (Sulut) dan Kementerian Agama Kota Manado mendapat perhatian serius dari jajarannya. Pasalnya sebagai wujud dari antisipasi mewabahnya virus Corona (Covid-19) ke masyarakat, terutama para siswa dilingkup Kementerian Agama Manado, maka dikeluarkanlah Edaran untuk belajar di rumah masing-masing bagi para siswa Madrasah se-Kota Manado.

Selasa (17/3/2020), guna memastikan bahwa Edaran tersebut dijalankan, Kepala Seksis Pendidikan Islam Kemenag Manado, H. Usran Mantow ke Madrasah untuk memantau sistem (aplikasi) online yang diterapkan Kementerian Agama Kota Manado berjalan dengan baik dan lancar. Mantow melakukan monitoring Pembelajaran Online dengan menggunakan Aplikas.

Pengawasan dilakukan Kasi Usran Mantow (Foto Suluttoday.com)

”Alhamdulillah hari ini kita melakukan monitoring terkait pembelajaran secara online bagi guru kepada siswa-siswa di rumah dengan pengawasan oleh orang Tua. Oh iya, Kementerian Agama Kota Manado hendak memastikan dan mengetahui secara pasti bahwa instruksi pimpinan itu dijalankan dengan baik,” kata Usran saat diwawancarai Suluttoday.com, Selasa (17/3/2020).

Kepala Seksi yang aktif turun ke lapangan itu  saat melakukan monitoring pembelajaran Online didampingi Pengawas Madrasah, Erni Soewandi SPd. Mereka turun dibeberapa Madrasah di Kota Manado dan menghasilkan adanya perkembangan yang positif soal implementasi dari aplikasi yang digunakan tersebut. Ucan juga berharap agar para Guru-Guru tetap aktif dan menjaga semangat dalam proses pengawasan.

Usran Mantow bersama para Guru-Guru (Foto Suluttoday.com)

”Kami menemukan ada beberapa jenis aplikasi yang digunakan oleh Guru secara online. Diantaranya aplikasi E-learning, aplikasi Ruang Guru, aplikasi Telekonfrence, aplikasi Zoom Cloud Meeting. Semua aplikasi yang digunakan memungkinkan anak-anak melakukan proses belajar dan hasil pantauan hari ini, capaian programnya berhasil dilakukan. Saya juga mengajak para Guru menjaga stamina, tetap melakukan pengawasan. Kita juga berdoa agar wabah virus Covid-19 segera berakhir dan dapat diatasi pemerintah,” ujar Usran tegas.

Guru pengajar saat melakukan pengawasan melalui aplikasi (Foto Suluttoday.com)

Setelah melakukan monitoring, Usran juga menyemangati para Guru dan sejumlah pegawai yang ikut dalam kegiatan pengawasan tersebut. Disela-sela kesibukannya itu, ASN yang murah senyum dan gesit itu menghimbau agar orang tua siswa juga tidak pasif dalam pengawasan anak-anaknya di rumah.

”Mari kita sama-sama mewas diri, jangan panik dengan virus Covid-19. Tapi juga tetap terus berikhtiar langit dan ikhtiar bumi. Kiranya Allah SWT melindungi kita semua dari cobaan apapun. Kami tak mengharapkan keterlibatan stakeholder, utamanya orang tua siswa agar menjaga anak-anak untuk tidak bepergian di tempat keramaian. Jangan manfaatkan waktu belajar di rumah sebagai moment liburan atau bersenang-senang,” tutur Usran, jebolan aktivis HMI itu menutup.

(*/Bung Amas)

iklan1
iklan1