Terkait Virus Corona, Legislator Manado Ingatkan Pemerintah Perhatikan Hal Ini

Syarifudin Saafa (Foto Istimewa)

MANADO, Suluttoday.com – Santer kita dengar ragam istilah bermunculan saat wabah Virus Corona mencuat di masyarakat, melahirkan ketidak paham tersendiri. Dengan target himbauan dan sosialisasi kepada masyarakat, yang terjadi malah sebagian masyarakat kesulitan mencerna apa yang disampaikan tersebut.

Menanggapi hal itu, Jumat (27/3/2020), anggota DPRD Kota Manad0, Syarifudin Saafa, ST.,MM menyampaikan pandangannya. Menurut Saafa pemerintah dalam membuat himbauan harus “membumi” sesuai dengan pengetahuan masyarakat. Karena dengan bahasa ilmiah atau bahasa medis, kadang membuat masyarakat kebingungan.

“Istilah-istilah yang dipakai ilmiah atau yang dipakai pemerintah terkait dengan virus Corona covid 19 ini perlu dibahasakan dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh masyarakat setempat bahkan ada yang dipakai menggunakan bahasa daerah agar lebih mudah dimengerti oleh segenap lapisan masyarakat,” ujar Saafa, Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Manado itu.

Legislator Manado yang dikenal vokal itu memberikan beberapa contoh cara sosialisasi dan ajakan yang tidak efektif dilakukan pemerintah. Itu sebabnya, Saafa menyarankan perlu dilakukan penyesuaian yang bersifat lokalitas sehingga masyarakat mudah mengerti apa yang menjadi tujuan pemerintah selaku pembuat himbauan, instruksi dan ajakan.

“Misalnya istilah Sosial Distancing, Physical Distancing, Self Carantine dan lain sebagainya, itu masyarakat sulit mengerti. Ini adalah tugas kehumasan pemerintah yang harus diperhatikan. Selain itu para jurnalis juga membantu juga. Termasuk mereka yang berpengaruh di sosial media,” kata Saafa menutup.

(*/Bung Amas)

iklan1
iklan1