Rapat Forkompimda Kota Manado Melalui Video Conference, Ini Penyampaian Wawali Mor Bastiaan

Rapat melalui Video Conference (Foto Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Senin (30/3/2020), pemerintah Kota Manado melaksanakan Ralat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) yang dipimpin Wali Kota Manado, Dr. GS Vicky Lumentut. Kepada Wakil Wali Kota (Wawali) Mor Dominus Bastiaan, SE, usai rapat diwawancarai Suluttoday.com, melalui WhatsApp menyampaikan apa saja agenda dan materi yang dibahas dalam rapat online tersebut.

“Kami menggelar Rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Manado melalui Video Conference dan dipimpin langsung oleh Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut. Dalam rapat yang berlangsung selama hampir 3 jam ini pada bagian awal kami membahas ketahanan ekonomi warga melalui kebijakan jaring pengaman sosial sebagaimana Inpres 4 Tahun 2020, kemudian kami juga membahas isu penting ‘kemampuan para debitur dalam melaksanakan kewajiban pembayaran kredit’, dimana sebelumnya kami menerima pertanyaan dari berbagai pihak dan warga masyarakat tentang bagaimana mengenai relaksasi kredit sebagaimana penyampaian bapak Presiden Jokowi, maka isu ini menjadi salah satu materi dalam rapat Forkompimda,” ujar Wawali Mor.

Tambahnya lagi, bahwa Pengurus Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Sulut yang diwakili, Yermi Pandoh sebagai Ketua (turut bergabung dalam video Conference) menyampaikan 10 poin pernyataan resmi APPI yang ditandatangani oleh Suwandi Wiratno sebagai Ketua dan Sigit Sembodo sebagai Sekretaris.

“Pada prinsipnya baik APPI Sulut maupun pihak OJK siap melaksanakan instruksi Presiden soal relaksasi kredit. Terhadap 10 butir yang bacakan Ketua APPI, kami Pemerintah Kota Manado berharap agar perangkat daerah terkait mensosialisasikan kepada masyarakat agar para debitur dapat mengetahui hak dan kewajibannya,” tutur Mor yang juga Bendahara DPD Partai Demokrat Sulawesi Utara ini.

Tidak hanya itu, kata Mor, pihak Polresta sendiri yang mendapatkan mandat untuk melakukan pengawasan melalui Kapolresta Kompol Benny Bawensel juga menyatakan siap mengawal dan mengamankan kebijakan Presiden ini.

“Semoga apa yang dibahas dan diputuskan dalam rapat hari ini bisa memberikan solusi dalam mengatasi masalah atas dampak pendemi Covid-19,” ujar MDB, yang juga dipakai dengan kepanjangan ManadoDiBerkati ini.

Rapat ini dihadiri Wakil Wali Kota Manado Mor Bastiaan, Ketua DPRD Kota Manado, Aaltje Dondokambey, Kepala Kejaksaan Negeri Manado, Margono, Ketua Pengadilan Negeri Manado, Kapolresta Manado, Dandim 1309 Manado, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulut dan Malut, Kepala Perwakilan BI Manado, Sekretaris Daerah Kota Manado Micler Lakat serta Pejabat Pemerintah Kota Manado.

(*/Bung Amas)

iklan1
iklan1