Antisipasi Kegaduhan, Senator Asal Sulut Minta Presiden Segera Buatkan PP

Senator Djafar Alkatiri (Foto Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Mewabahnya Virus Corona memang membawa beragam dampak yang dirasakan masyarakat Indonesia. Tidak hanya cemas, takut dan kepanikan, bermunculan pula soal tafsir berbeda tentang Karantina Wilayah. Tentu tujuannya adalah agar mengamankan suatu wilayah sehingga tidak meluasnya penyebaran Corona.

Menanggapi hal tersebut, Anggota DPR RI, Djafar Alkatiri, Selasa (31/3/2020) angkat bicara. Menurut Djafar perlunya dikeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) terkait tafsir atas Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan. Jika itu dilakukan, akan dengan sendirinya meredam perdebatan.

“Bisa berujung ketidakpeecayaan publik pada pemerintah. Bentuk protes dan lain-lain jika dalam kondisi seperti itu UU tentang Karantina Kesehatan itu tidak didukung Peraturan Pemerintah. Atas alasan itu, saya mengusulkan Pak Presiden Ir. Joko Widodo segera mengeluarkan PP. Kita menghindari salah tafsir, dan bias lainnya,” kata Senator Djafar.

Wakil Ketua Komite 1 DPD RI itu mengaku bahwa saat ini terjadinya pengaduan dan keluhan masyarakat yang juga disampaikan kepada dirinya, terkait pembatasan sosial dan karantina wilayah. Disampaikannya pula bahwa harga menangani penyebaran Covid-19 begitu berarti, dan sepadan dengan pemerintah menjaga kenyamanan masyarakat.

Senator Djafar kunker dengan Kapolda Sulut (Foto Suluttoday.com)

“Ini semuanya saling terkait. Jika masyarakat dalam situasi panik, karena kondisi penerapan aturan yang tidak disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, maka yang terjadi juga ketidaknyamanan bersama. Kita menginginkan penanganan Covid-19 tertib, tidak muncul resistensi atau pertanyaan-pertanyaan pesimisme dari masyarakat. Kita memerangi Covid-19 dengan mengajak masyarakat bersama, penuh kesadaraj dan edukasi,” ujar Djafar, Senator asal Sulawesi Utara (Sulut) ini tegas.

Mantan Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara mengharapkan agar Presiden secepatnya mengeluarkan PP guna memberi solusi atas cara kerja karantina wilayah. Bagi Senator Djafar, penanganan Covid-19 dilaksanakan secara terintegrasi, tidak sekedar menunaikan kewajiban tugas saja. Melainkan sisi kemanusiaan juga penting dipertimbangkan.

(*/Bung Amas)

iklan1
iklan1