KNPI Sosialisasi Edukasi Cegah COVID-19 Sampai di Kabupaten Terluar Indonesia

Ketua Jackson Kumaat (FOTO Ist)

MANADO, Suluttoday.com – Ajuran pemerintah untuk melakukan Social Distancing ikut dikampanyekan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Presiden Ir. Joko Widodo juga telah menegaskan akan diterapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), guna memerangi menyebarnya wabah Corona Virus Disease (COVID-19), mendapat dukungan KNPI.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP KNPI Jackson A.W. Kumaat mengatakan, kepada sejumlah wartawan, Jumat (3/4/2020) menyebutkan peran penting KNPI sebagai wadah berhimpun pemuda dalam bahu-membahu dengan pemerintah dalam mengatasi serta menanggulagi pandemi COVID. Menurut Jackson, KNPI secara nasional sedang melakukan sosialisasi ke masyarakat agar berperan aktif melawan COVID-19.

“Secara serentak KNPI secara nasional melakukan edukasi kepada masyarakat. Dengan instrumen sosialisasi, memberi pemahaman kepada masyarakat agar menaati apa instruksi dan himbauan pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran COVID-19. Pengurus KNPI di tingkat Provinsi sampai Kabupaten/Kota sedang melakukan edukasi tersebut. Mari kita support pemerintah melawan COVID-19,” kata Jacko sapaan akrab Kumaat.

Spanduk KNPI, ajakan melawan COVID-19 (Foto Istimewa)

Tambah Jacko menuturkan beberapa metode penyampaian pesan edukatif ke publik dilakukan dengan prinsip mengajak masyarakat untuk menjauh dari kerumunan dan berada di rumah saja. Aktivis muda vokal ini menilai usaha serius pemerintah dalam soal patut didukung sepenuhnya elemen pemuda Indonesia.

“Sudah masuk laporan dari seluruh Provinsi bahwa pengurus KNPI di daerah tengah giat melakukan sosialisasi tentang pembatasan sosial. Salah satu cara yaitu melalui memasang spanduk, ajakan dan himbauan agar masyarakat tetap di rumah saja. Masyarakat diminta menjaga jarak, menghindari kerumunan. Upaya ini dilakukan KNPI untuk menyukseskan apa yang menjadi prioritas pemerintah Pak Jokowi dan KH. Ma’ruf, sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia,” ujar Jacko yang juga menambahkan bahwa di wilayah perbatasan Indonesia juga sosialisasi tengah dilakukan.

Ditempat terpisah, Ketua KNPI Talaud Suyanto Matoneng saat diwawancarai Suluttoday.com, Jumat (2/4/2020), bahwa KNPI giat melakukan sosialisasi memerangi COVID-19, dan konsisten melakukan edukasi pencegahan COVID-19 kepada masyarakat agar menjaga jarak sosial.

Spanduk disejumlah tempat di Talaud (Foto Istimewa)

“Secara nasional kita KNPI di instruksikan melakukan edukasi soal pencegahan COVID-19. Semoga pesan yang disampaikan dapat dilaksanakan bersama seluruh masyarakat, termasuk kami yang ada di Talaud,” kata Matoneng, Ketua KNPI yang berada di Kabupaten Kepulauan, berbatasan dengan Negara Filipina tersebut.

(*/Bung Amas)

iklan1
iklan1