Tangani Corona, SYARIFUDIN SAAFA Ajak Pemerintah Perhatikan Nasib Wartawan

Syarifudin Saafa (FOTO Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Dalam rangka pencegahan dan penanggulangan Corona Virus Disease (COVID-19), pemerintah Indonesia terus meningkatkan kerjanya menghentikan mata rantai penyebaran Virus Corona. Kini Presiden Ir. Joko Widodo telah metapkan status Indonesia tengah darurat bencana dan pemeritah menginstruksikan untuk dilakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Menurut Anggota DPRD Kota Manado, Syarifudin Saafa, ST.,MM, Sabtu (4/4/2020), pemerintah Pusat hingga Daerah jangan alpa dalam penyelesaian Virus Corona. Baginya, nasib wartawan dalam konteks menekan, menghambat dan mengobati para pasien Corona penting dikelurakan kebijakan yang mengcover nasib wartawan.

“Iya publik tahu itu. Di tengah mewabahnya Corona masyarakat lagi panik, rekan-rekan wartawan menjalankan tugasnya. Bantu mereka alat pelindung diri dan fasilitas untuk menunjang kerja jurnalistik mereka. Wartawan juga dalam peliputan tetap mentaati anjuran pemerintah tentang pembatasan sosial berskala besar. Kerja jurnalis itu begitu mulia, pemerintah jangan sampai mengabaikan mereka. Dalam situasi dan kondisi sekarang dengan adanya pandemi virus Corona, wartawan juga tampil di depan memerangi Corona,” kata Saafa, Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Manado ini.

Saafa yang juga Ketua DPW PKS Sulawesi Utara (Sulut) secara gamblang menjabarkan tentang lingkup kebijakan pemerintah yang tidak bersifat parsial. Baginya keberadaan jurnalis di tengah upaya mencegah dan memerangi Corona adalah bagian penting. Betapa tidak, giat pemerintah dalam mensosialisasikan kerjanya kepada masyarakat terkait protokol kesehatan dan pencegahan Virus Corona dijalankan wartawan dengan baik.

“Sisi edukasi dan keberpihakan pemerintah mencegah menyebarnya Corona yang dinantikan masyarakat. Khusus pada kebijakan yang mengakomodir kepentingan rekan-rekan wartawan kiranya perlu dilakukan pemerintah daerah. Pemerintah jangan sampai melupakan wartawan,, mereka dengan segala resiko masih memberitakan kerja kemanusiaan kita semua,” ujar Saafa, anggota DPRD Manado 3 periode ini.

Jebolan Unsrat Manado itu mengatakan, bantuan jaring pengaman sosial yang sedang dilakukan Pemerintah sebagai tindak lanjut instruksi Presiden Joko Widodo, tidak hanya diberikan kepada warga terdampak Corona, namun juga bagi wartawan.

Disebutnya bahwa pemerintah tidak melupakan para kuli tinta (wartawan), sebagai bagian dari masyarakat Indonesia yang wajib diberi perhatian. Wujud kepedulian, kata Saafa seperti keberpihakan kebijakan anggaran. Legislator vokal ini menuturkan bahwa perusahaan-perusahaan yang ada di daerah hendaknya dapat dimaksimalkan membantu warga masyarakat dalam memerangi Corona.

“Pemerintah daerah harus peka juga terhadap kebutuhan warganya. Tanpa terkecuali, terutama dari kalangan  wartawan yang terdampak Corona,” tutur Saafa.

(*/Amas)

iklan1
iklan1