Perlukah Sulut PSBB Atau Tidak, Ini Pandangan Rektor IAIN Manado

Dr. Delmus Puneri Salim (Foto Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Saat diwawancarai di ruang kerjanya, Senin (4/5/2020), Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado, Dr. Delmus Puneri Salim, menyampaikan untuk Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dalam hal mengusulkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Menurut Delmus, dalam rangka mencegah penyebaran Corona Virus (Covid-19).

“Tentu dalam rangka menghambat dan membatasi penyebaran Covid-19, maka PSBB ini menjadi penting diterapkan. Asalkan pemerintah daerah menyiapkan solusi yang tepat. Terutama pada sektor kebutuhan ekonomi masyarakat, jangan sedikitpun pemerintah mengabaikan faktor ini,” kata Delmus pada Suluttoday.com.

Akademisi yang dikenal begitu santun ini menjelaskan pulang urgensi ekonomi di tengah wabah Covid-19. Hal data juga perlu diperhatikan pemerintah, agar tidak sekedar menerapkan PSBB. Kondisi energensi dikhawatirkan jangan sampai salah diatur dengan profesional oleh pemerintah.

“Selanjutnya, soal konsekuensi ekonomi sebagai elemen penting untuk dipertimbangkan matang-matang oleh pemerintah. Jangan sampai PSBB kesannya dipaksakan, namun perlu benar-benar siap melaksanakan PSBB. Karena masyarakat disuruh stay di rumah, sementara kebutuhan ekonomi mereka diabaikan. Ini hal serius, jangan sampai masyarakat kelaparan. Kemudian, saya juga mengingatkan tentang data yang diregistrasi pemerintah supaya merata dan ada unsur keadilan dalam perspektif sosial,” ujar Delmus.

Tambahnya lagi, bahwa pemerintah daerah Sulut sebetulnya mempunyai peluang dan kemampuan mengajukan permohonan PSBB. Dengan cara menyiapkan segala keperluan dan prasyarat yang ditetapkan Menteri Kesehatan Republik Indonesia (RI). Delmus mengajak juga masyarakat Sulawesi Utara untuk secara sadar, sama-sama mematuhi anjuran dan imbauan pemerintah. Karena Covid-19, menurutnya sudah menjadi bencana nasional yang penanganannya harus sungguh-sungguh.

(*/Bung Amas)

iklan1
iklan1