FISIP Unsrat Gelar Webinar Terkait Desa dalam Badai Covid-19

Tema Seminar dan para narasumber (Foto Istimewa)

MANADO, Suluttoday.com – Pelaksanaan Webinas atau diskusi media daring Pemerintahan Desa dengan tema: ”Desa Dalam Badai Covid-19” dengan menghadirkan para narasumber berkompeten. Rencananya Seminar dilaksanakan, Senin (18/5/2020). Hal tersebut seperti disampaikan, DR. Alfon Kimbal, S.Sos.,M.Si, Ketua Program Studi Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado selaku Ketua Panitia pelaksana.

Menurut Kimbal, para narasumber yang diundang diantaranya, Anwar Sanusi, MA.,PhD, Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia. Kemudian, DR. Drs. Novie R. Pioh, M.Si, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unsrat Manado, DR. Ir. Royke O. Roring, M.Si, Bupati Kabupaten Minahasa.

”Para narsumber berkompeten di bidang pemerintahan, kita undang untuk berkontribusi menyampaikan pikiran-pikiran pokoknya untuk masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan atas kerja sama akultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sam Ratulangi bekerja sama dengan Asosiasi Dosen Ilmu Pemerintahan Seluruh Indonesia (ADIPSI). Sebagai pelaksana kegiatan kami juga berharap bagi yang mau bergabung dapat menghubungi Nomor whatsApp 0812-4470-355 (Fanley) dan 0821-9404-7889 (Gustaf),” ujar Alfon, Minggu (17/5/2020).

Selanjutnya, Alfon mengatakan pembicara berikutnya adalah DR. Kushandajani, Ketua Departemen Politik dan Pemerintahan FISIP Universitas Deponegoro (Undip) Semarang. Setelahnya narasumber dari representasi pemerintah Desa, Lucki Kasenda, SE, Hukum Tua Desa Kanonang Satu, Kecamatan Kawangkoan Barat, Kabupaten Minahasa.

Narasumber dan moderator (Foto Istimewa)

Lalu yang bertindak selaku moderator adalah DR. Welly Waworundeng, S.Sos.,M.Si, Dosen FISIP Unsrat Manado. Alfon menyebutkan pula bahwa kegiatan ini perlu dilakukan dalam rangka melahirkan solusi terhadap masyarakat Desa di tengah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Cara untuk melahirkan solusi ialah dengan melibatkan civitas akademika untuk bersinergi dengan pemerintah dalam mewujudkan program yang strategis dan relevan dengan kebutuhan masyarakat.

”Webinar ini mendiskusikan posisi pemerintah Desa dalam pengambilan keputusan. Itu sebabnya, menjadi begitu penting dilakukan agar pemerintah Desa disaat wabah Covid-19 juga tidak salah dalam mengambil kebijakan. Kita harapkan nanti pengambilan keputusan melahirkan singkronisasi kebijakan pemerintah pusat sampe Daerah dan Desa,” kata Alfon.

(*/Bung Amas)

iklan1
iklan1