Ketua MUI Manado: Shalat Idul Fitri di Rumah Masing-Masing

KH. Mashar Kinontoa (Foto Istimewa)

MANADO, Suluttoday.com – Di tenga penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) semua aktivitas sosial menjadi berubah drastis. Bahkan urusan peribadatan pun mengalami pergeseran yang begitu siginifikan. Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Manado, KH. Mashar Kinontoa, saat diwawancarai wartawan, Senin (18/5/2020), terkait shalat Idul Fitri 1441 Hijriah, MUI Manado tak mengeluarkan jadwal shalat berjamaah, seperti biasanya.

”MUI Kota Manado menganjurkan umat Islam agar melaksanakan shalat Idul Fitri di rumah masing-masing. Organisasi yang memiliki nama besar dan keanggotaan yang luas, seperti NU dan Muhammadiyah juga menganjurkan shalat Idul Fitri di rumah, karena kita berada di tengah wabah Covid-19,” ujar KH. Mashar.

Selain itu, MUI juga menganjurkan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) untuk tidak menjadwalkan shalat Idul Fitri di lapangan maupun di Masjid. Selebihnya, bagi masyarakat atau pengurus Masjid yang berinsiatif melaksanakan ibadah shalat Idul Fitri berjamaah berarti para imam dan Badan Takmirul Masjid (BTM) yang menghubungi pengutbah.

”Untuk itu, MUI Manado mengajurkan kepada Ketua PHBI untuk tidak menjadwalkan pelaksanaan shalat Idul Fitri di Lapangan maupun di Masjid. Jika ada Masjid yang berinsiatif sendiri melaksanakan shalat Idul Fitri, berarti para Imam dan BTM yang menghubungi sendiri penghutbahnya,” ucap KH. Mashar.

(*/Bung Amas)

iklan1
iklan1