FAISAL SALIM: Tokoh-Tokoh Umat Terlihat Mau Cari Aman

Faisal Salim (Foto Istimewa)

MANADO, Suluttoday.com – Berkaitan dengan pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah yang bertepatan dengan musim pandemi Corona Virus (Covid-19) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Hal tersebut turut melahirkan kebingungan di tengah umat Islam yang merayakan Idul Fitri. Apakah pelaksanaan Shalat Idul Fitri berjamaah dilaksanakan di rumah masing-masing atau di perkenankan untuk melaksanakan di Masjid dan lapangan.

Situasi tersebut mengharuskan Pembina Bikers Subuhan Manado, Faisal Salim angkat bicara. Jumat (22/5/2020), merespon ragam keluhan dari umat muslim Kota Manado, Faisal menyampaikan pendapatnya. Tak hanya itu, Faisal melayangkan kritik pedas terhadap tokoh-tokoh umat Islam Sulawesi Utara dalam menetapkan pelaksanaan Shalat Idul Fitri berjamaah di rumah atau di Masjid terkesan ambigu alias setengah hati.

‘’Tokoh-tokoh umat terlihat mau cari aman dihadapan Gububernur Sulut. Namun “bisa jadi”, pada praktek di Lapangan mereka tetap melaksanakan Shalat Ied berjamaah di Lapangang/Masjid. Sama halnya himbauan untuk tidak Shalat Jumat di Masjid, dari kalangan ulama sendiri yang “melanggar”. Kalau memang tidak berani mengeluarkan keputusan yang tegas nan bijak sebaiknya undur diri menjadi pemimpin umat,’’ kata Faisal tegas.

Pria yang akrab disapa Bang Toyib itu menyebut umat di tengah kebimbangan saat menanggapi keputusan para elit umat Islam. Menurutnya para tokoh-tokoh yang dipercayakan umat harus memberi kejelasan dan menekan suasana yang memicu keresahan di tengah masyarakat yang akan melaksanakan Shalat Idul Fitri.

‘’Umat jadi kocar kacir karenanya. Ouh, Ya Allah, begitu dahsyat ujian-MU. Kali ini mohon maaf para guru dan alim ulama, dari awal Ramadhan hingga akhir saya tidak pernah berpendapat dan takut mengkritik tokoh-tokoh umat, karena saya sadar diri keilmuan diri ini jauh dibawah standart. Namun rasanya hari ini tetap harus mengeluarkan suara ini. sepertinya “kurang sreg” apa yang tokoh-tokoh umat ini lakukan. Membuat Resah,’’ ujar Faisal menutup.

(*/Bung Amas)

iklan1
iklan1