Alumni FH Unsrat Peduli Nasib Anak Papua di Sulut

Mahasiswa asal Papua bergembira terima bantuan (Foto Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Para Alumni Fakultas Hukum (FH) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado yang baru saja mendapatkan status Sarjana Hukum (SH) sudah ikut berpartisipasi di tengah upaya mengantisipasi penyebaran Virus menular Covid-19 di Kota Manado. Diantara yang dilakukan aksi sosial yang bertepatan dengan momentum Dies Natalis FH Unsrat ke-62.

Menurut Alumni FH Unsrat yaitu Robert Antouw dan Gracia Sigar, Sabtu (6/6/2020) menyampaikan pihaknya melibatkan sejumlah ‘Alumni muda’ Fakultas Hukum Unsrat untuk menjadi tim penggerak dalam aksi bagi-bagi bantuan kepada mahasiswa Papua di Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

”Aksi sosial ini melibatkan Alumni muda yang juga peduli. Mau bekerja untuk sesama. Seperti mereka yang turun sebagai garda terdepan dalam pembagian bantuan sosial ini. Kita tidak mengkonsentrasikan bantuan ke satu titik saja. Lebih dari itu, dibeberapa tempat bantuan kepada mahasiswa Papua di Manado Sulawesi Utara kita salurkan secara baik,” ujar Robert, yang dibenarkan Gracia.

Sementara itu, Ketua Panitia Dies Natalis FH Unsrat, Dr. Grace Tampongangoy, menyampaikan pentingnya bentuk kepedulian seperti itu dilakukan. Untuk diketahui, para Alumni FH Unsrat membagikan Sembilan Bahan Pokok (Sembako) secara door to door. Aksi ini mendapat apresiasi dari para penerima bantuan.

Telinus Yigibalom, mahasiswa asal Kabupaten Lanny Jaya, tinggal di Asrama Papua di Kecamatan Malalayang, salah satunya yang mengatakan bahwa Sembako yang diberikan Alumni FH Unsrat sangat membantu mereka di masa pandemi.

”Terima kasih banyak kepada pihak Fakultas Hukum Unsrat, teristimewa kepada Alumni yang peduli kepada kami. Tentu bantuan yang kami terima ini sangat bermanfaat. Disaat kita menjalankan anjuran pemerintah tentang stay at home dan work from home, pemasukan atau kirim dari orang tua kami nyaris kurang. Tidak seperti biasanya, sebelum Covid-19 melanda. Sehingga bagi kami bantuan ini sangat membantu,” kata Telinus kepada wartawan.

Penghuni Asrama mahasiswa Papua di Teling Manado saat menerima bantuan (Foto Suluttoday.com)

Tidak hanya Telinus, ada pula Endirom Weya, mahasiswa asal Kabupaten Tolikara Papua Pengunungan, berdomisili di Asrama Papua Bahu. Selain itu bantuan juga diberikan kepada mahasiswa asal Kabupaten Puncak Jaya, diantaranya Weiton Wonda tang tinggal di Asrama mahasiswa Papua Teling Manado. Pemberian bantuan diserahkan di 3 (tiga) Asrama tersebut mendapat sambutan luar biasa dari para penghuni Asrama.

Kegiatan sosial yang dipelopori Alumni FH Unsrat itu mendapat dukungan dan pujian dari Dekan Fakultas Hukum Unsrat, Dr. Flora Kalalo, SH.,MH. Flora mengaku bangga dikelilingi para Alumni yang peduli, memiliki keberpihakan untuk saling membantu antara sesama.

”Ketika wabah Covid-19 melanda. Rasanya kesulitan ekonomi juga menjadi hal yang kita temui. Puji Tuhan, ada teman-teman Alumni Fakultas Hukum Unsrat yang mau menggagas kegiatan aksi sosial ini. Pendistribusian bantuan kepada ade-ade mahasiswa asal Papua ini sangat penting dilakukan. Kira itu dapat membantu mereka,” tutur Flora.

(*/Bung Amas)

iklan1
iklan1