Wujudkan Pembangunan, Ridwan Marlian: Kita Turlap Kroscek Reaslisasi Anggaran

Ridwan Marlian, Anggota DPRD Manado dalam pembahasan (Foto Istimewa)

MANADO, Suluttoday.com – Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang menjadi sumber pembiayaan untuk pembangunan di daerah sering kali luput dari pengawasan masyarakat. Mengoptimalkan kerja sebagai wakil rakyat, Ridwan Marlian, Anggota DPRD Kota Manado menilai pentingnya evaluasi pembangunan didasarkan atas analisis anggaran yang ada dalam postur APBD dan perlu dikonfirmasi dengan konteks pembangunan atau realisasi di lapangan.

”Memang harus dioptimalkan pengawasan pembangunan daerah. Untuk konteks penyusunan anggaran, penggunaan dan reaslisasi APBD, maka selain transparan kita butuh memastikan di lapangan. Bahwa apa yang dilakukan dan dirancang pihak eksekutif melalui instansi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dengan melakukan konfirmasi, kroscek kinerja fisik di lapangan. Kegiatan fisik menjadi indikatornya, terutama dalam program proyek fisik,” ujar Marlian usai melakukan kegiatan Turlap (Turun lapangan) bersama Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Manado, Jumat (3/7/2020).

Banggar DPRD Manado saat peninjauan proyek di Pandu (Foto Istimewa)

Anggota Komisi II DPRD Kota Manado dari Fraksi Partai Golkar ini mengakui pentingnya pengawasan ekstra dilakukan legislatif. Terutama dalam etos kerja, saling memberi dukungan untuk kerja-kerja konstruktif kepada masyarakat yang dijalin secara sinergis eksekutif dan legislatif. Marlian mengingatkan pihak yang diberikan amanah mengelola anggaran masyarakat dalam APBD maupun APBN harus menunaikan tanggung jawabnya sebaik mungkin.

”Kita bekerja baik saja belum tentu dinilai baik oleh masyarakat. Apalagi bekerja dengan motivasi mencari untuk dan tidak maksimal menjalankan kewenangan yang diberikan dalam jabatan-jabatan publik. Tentu itu akan menjadi ‘bahaya’ dalam pertanggung jawaban nantinya. Maka dengan itu, harus selalu melakukan kebaikan. Biarlah proses alam dan Tuhan yang menilai apa yang telah kami lakukan, fokus bekerja berbuat untuk banyak orang dalam pelayanan,” kata Iwan sapaan akrab Marlian yang termasuk dalam Banggar DPRD Manado ini saat diwawancarai Suluttoday.com, Sabtu (4/7/2020).

Berlangsungnya Turlap Banggar DPRD Manado (Foto Istimewa)

Sekedar diketahui, Banggar DPRD Kota Manado melakukan Turlap di sejumlah daerah di Kota Manado dalam meninjau langsung pelaksanaan pembangunan proyek. Turlap dilakukan, Jumat (3/7/2020), dalam Turlap tersebut wakil rakyat juga tak lupa melibatkan pihak eksekutif. Itu dilakukan dengan tujuan memastikan pelaksanaan penggunaan anggaran APBD sesuai sasaran, tambah Iwan,

(*/Bung Amas)

iklan1
iklan1